Optimalisasi Strategi Pemasaran, Pembukuan Keuangan dan Sertifikasi Halal Terhadap Keberlanjutan Bisnis UMKM di Desa Banjarsari

Penulis

  • Umar Al-Faruq Dosen Pembimbing Lapangan, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Binar Siska Kharisma Jurusan Akuntansi, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Diana Adinda Sari Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Moh. Tazkia Ikhsanul Ma’Arif Jurusan Teknik Informatika, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Najat Najat Jurusan Manajemen, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.58812/jpws.v3i02.985

Kata Kunci:

UMKM, Sertifikasi Halal, Pembukuan Keuangan, Strategi Pemasaran, Excel

Abstrak

Jurnal ini membahas pengabdian masyarakat dengan fokus pada optimalisasi strategi pemasaran, pembukuan keuangan, dan sertifikasi halal dalam    konteks keberlanjutan bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan implementasi praktik bisnis yang berkelanjutan dalam lingkungan UMKM. Strategi pemasaran yang dioptimalkan, pembukuan keuangan yang tepat, dan sertifikasi halal dianggap sebagai pilar utama untuk memperkuat keberlanjutan bisnis UMKM. Melalui pendekatan ini, diharapkan UMKM dapat meningkatkan daya saing mereka, memperluas pangsa pasar, dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dalam era ekonomi yang terus berubah. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan UMKM dan mempromosikan praktek bisnis yang berkelanjutan di tingkat lokal. Hasil dari sosialisasi menunjukan, para pelaku UMKM telah menerapkan metode pembukuan yang sudah sesuai PSAK dengan di dukung penyusunan laporan keuangan yang sudah terdigitalisasi menggunakan Excel. dari aspek strategi pemasarannya sudah modern dan sebagian produk pelaku usaha UMKM sudah tersertifikasi halal.

Referensi

Arifen, Syifa Rahmiani, Virda Dwi Purwanty, Dhesta Aprilla Suci, Rizki Hari Agustiawan, and Arip Rahman Sudrajat. “ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM,” n.d.

Correspondence, Universitas Siliwangi. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat UMKM Dalam Melakukan Sertifikasi Halal... FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT UMKM DALAM MELAKUKAN SERTIFIKASI HALAL (STUDI KASUS: WARUNG NASI DI SEKITAR UNIVERSITAS SILIWANGI) Rahmanita 1 Nurul Fadila Dwiyanti 2 Nida Siti Nurhamidah 3.” INTERNATIONAL JOURNAL MATHLA’UL ANWAR OF HALAL ISSUES. Vol. 3, 2023.

Hariyanto, Pipit Aprilia Susanti, Michael Hadjaat, Muhammad Wasil, Agnes Dwita Susilawati. "Meningkatkan Literasi Teknologi di Masyarakat Pedesaan Melalui Pelatihan Digital." Jurnal Abdimas Peradaban: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 4, No. 2, Tahun 2023.

Kenali perbedaan pembukuan dan pencatatan dalam akuntansi et al.,Mekari Jurnal: Jurnal Financial Accounting (2023) https://www.jurnal.id/id/blog/perbedaan-pembukuan-dan-akuntansi/

Kasrodin. (2023, 27 Desember). Diskusi tentang pengoptimalan pembukuan keuangan. [Wawancara Pribadi]. Pertemuan Langsung.

Khaddafi, Muammar, Asmaul Husna, and Arliansyah. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Audit Delay Pada Perusahaan LQ 45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal EMT KITA 6, no. 1 (February 12, 2022): 112–17. https://doi.org/10.35870/emt.v6i1.540.

Mardiah Nasution, Mawar. "TINJAUAN SERTIFIKAT HALAL BAGI PELAKU USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MAKANAN CEPAT SAJI DI KECAMATAN BOJONGSARI." Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Fakultas Syariah dan Hukum, 2023.

Purwanto, Purwanto, Dhea Yustiana Safitri, and M. Pudail. “EDUKASI PENCATATAN LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA BAGI PELAKU USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM).” As-Sidanah : Jurnal Pengabdian Masyarakat 5, no. 1 (April 15, 2023): 1–14. https://doi.org/10.35316/assidanah.v5i1.1-14.

Puji Astuti, Ramlah, Apri Dwi Astuti, Program Studi Manajemen, Program Studi Akuntansi, Universitas Swadaya Gunung Jati Jl Pemuda Raya No, Kec Kesambi, Kota Cirebon, and Jawa Barat. “STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA (HOME INDUSTRI) TAPE KETAN DI DESA BAKUNG LOR KECAMATAN JAMBLANG KABUPATEN CIREBON.” Indonesian Community Service and Empowerment Journal (IComSE) 4 (2023).

Rambe, Dhea Nita Syafina, and Nuri Aslami. “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pasar Global.” El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (January 28, 2022): 213–23. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i2.853.

Susanto, Muhammad, and Rintan Nuzul Ainy. “PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH BERDASARKAN SAK EMKM (STUDI KASUS DI UMKM FRESH FISH BANTUL),” n.d.

Warto, Warto, and Samsuri Samsuri. “Sertifikasi Halal Dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal Di Indonesia.” Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking 2, no. 1 (July 14, 2020): 98. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2803.

Weli, Weli, Rilo Pambudi, Esther Meilia, and Daniel Joshua. “Optimizing the Use of Microsoft Excel for Employees’ Administrative Tasks at Le Premier Hotel Kota Deltamas, Cikarang.” MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat 5, no. 1 (May 26, 2021): 17–29. https://doi.org/10.25170/mitra.v5i1.1347.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-27

Cara Mengutip

Al-Faruq, U., Kharisma, B. S., Sari, D. A., Ma’Arif, M. T. I., & Najat, N. (2024). Optimalisasi Strategi Pemasaran, Pembukuan Keuangan dan Sertifikasi Halal Terhadap Keberlanjutan Bisnis UMKM di Desa Banjarsari . Jurnal Pengabdian West Science, 3(02), 120–130. https://doi.org/10.58812/jpws.v3i02.985