Mewujudkan Kestabilan Ekonomi dan Pencegahan Stunting demi Kesejahteraan Masyarakat

Penulis

  • Rudi Alamsyah Universitas Nusa Putra
  • Sri Danti Maulida Sari Universitas Nusa Putra
  • Rafly Fahrezi Universitas Nusa Putra
  • Alpiansyah Alpiansyah Universitas Nusa Putra
  • Jelita Fortiana Universitas Nusa Putra
  • Salma Nur Nabila Universitas Nusa Putra
  • Mayang Selpiyana
  • Verdi Eza Irawan Universitas Nusa Putra
  • Ruri Mutiara Ayuni Universitas Nusa Putra
  • Rayhanna Adisthi Putri Universitas Nusa Putra
  • Silvi Apriliyanti Universitas Nusa Putra
  • Moh Azral Fathurrazaq Universitas Nusa Putra
  • Deni Ramdan Septian Universitas Nusa Putra
  • Firda Febriyani Universitas Nusa Putra
  • Anifa Liana Universitas Nusa Putra
  • Windi Putriani Universitas Nusa Putra
  • Rifki Maulana Yusup Universitas Nusa Putra
  • Arwani Noer Kasih Universitas Nusa Putra
  • Muhamad Rifal Fadilah Universitas Nusa Putra
  • Garnis Fadillah Rachma Universitas Nusa Putra
  • Nur Hidayah Kusumaningrum Fadhilah Universitas Nusa Putra
  • Khairul Mujahidi Universitas Nusa Putra
  • M Zulvan Dwiatmoko Universitas Nusa Putra
  • Meutia Riany Universitas Nusa Putra

DOI:

https://doi.org/10.58812/jpws.v3i01.947

Kata Kunci:

UMKM, Cikakak, Pelaku, Anak, Ibu, Pertumbuhan, Stunting

Abstrak

Pendataan UMKM merupakan salah satu program kerja yang ada di kuliah kerja nyata Desa Cikakak. UMKM adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perkembangan UMKM yang ada di Desa Cikakak serta kendala - kendala yang dihadapi para pelaku UMKM tersebut dalam mengembangkan usahanya Selain digunakan sebagai identitas usaha, kepemilikan NIB adalah sesuatu yang membawa keuntungan bagi para pemilik usaha, seperti lebih mudah mendapatkan dokumen legalitas, proses perizinan usaha lebih mudah dan cepat, mendapat perlindungan hukum yang sah dan aman, mempermudah perolehan investasi dan perolehan pinjaman. Selain kendala tidak memiliki legalitas produk. Pelaku UMKM di Desa Cikakak juga memiliki kendala dalam hal promosi. Kami memberikan solusi dengan membuat online shop seperti tiktok shop agar lebih mudah dalam penjualan serta mengajarkan bagaimana melakukan promosi secara online dikarenakan media promosi online merupakan sarana pemasaran melalui internet dengan memanfaatkan berbagai teknologi digital seperti website, media sosial, perangkat seluler, mesin pencari, dan saluran lainnya. Selain itu Stunting merupakan penggambaran dari status gizi kurang yang bersifat kronik pada masa pertumbuhan dan perkembangan sejak awal kehidupan. Stunting disebabkan oleh beberapa hal diantaranya: yang pertama, asupan gizi yang kurang pada saat 1000 hari pertama kehidupan anak, yaitu ketika anak masih dalam kandungan sampai dengan anak berusia 2 tahun. Penyebab kedua yaitu kurangnya asupan protein yang diterima oleh anak. Penyebab ketiga dari stunting ini adalah dikarenakan pada masa kehamilan, melahirkan, menyusui, dan pemberian MPASI, anak tidak mendapatkan asupan nustrisi yang cukup. Sebab ke empat adalah buruknya kebersihan ingkungan sehingga menyebabkan anak sering terkena infeksi. Penelitian ini bersifat observasi dan wawancara yang dilakukan di Desa Cikakak, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi. Akibat kurang nya kesadaran masyarakat, maka mahasiswa KKN Universitas Nusa Putra bekerjasama dengan pemerintah Desa Cikakak dan Bapak/Ibu Guru SD Negeri Gadog untuk melakukan kegiatan sosialisasi pencegahan stunting, dan ikut membantu pengerjaan program PMT (Pemberian Makanan Tambahan) dan penyerahan banner untuk posyandu pinang nunggal. Kegiatan ini berisikan tentang himbauan pencegahan serta penanganan stunting, selain itu kegiatan PMT juga salah satu upaya pemerintah dalam pengurangan penderita stunting dengan cara pemenuhan asupan nutrisi bagi anak yang terindikasi stunting dan ibu dengan kehamilan KEK. Lalu dampak kesenjangan yang terjadi bila tidak menerapkan pola hidup sehat dan bersih yang bisa menyebabkan stunting pada anak dan remaja. Dari kegiatan ini, hasil serta target yang ingin dicapai mahasiswa KKN adalah masyarakat di desa cikakak baik anak, remaja atau dewasa bisa sadar akan bahaya nya stunting, dan mengetahui tentang cara mencegah stunting.

Referensi

Baroroh, I. (2022, Agustus). Peningkatan Pengetahuan tentang Pemenuhan Gizi Remaja dan Edukasi Pencegahan Stunting. Jurnal ABDIMAS-HIP, 3(2), 60-64.

Jupri, A., Putra, A. J., Suharni, Sunarwidi, E., & Rozi, T. (2022, Agustus). Sosialisasi Kesehatan Tentang Stunting, Pendewasaan Usia Pernikahan dan Pengenalan Hak Kesehatan Reproduksi Remaja. Jurnal Pengabdian Masyarakat UNW Mataram, 03(02), 107-112.

Klatenkab.go.id. (2021, April 7). Angka Stunting Klaten Masih 10,6 Persen, Dituntut Intervensi Lebih Serius. Retrieved from Pemkab Klaten: https://klatenkab.go.id/angkastunting-klaten-masih- 10,6- persen-dituntut-intervensilebih-serius/

Laili, U & Andriani D. R(2019, Juni). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pencegahan Stunting. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 5(1), 8-12.

Noviasty, R., Indriani, M., Rahayu, F., & Firdaus, d. (2020). EDUWHAP Remaja Siap Cegah Stunting Dalam Wadah Kumpul Sharing Remaja. Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2).

Nugroho, M. R., Sasongko, R. N., & Kristiawan, M. (2021). Faktorfaktor yang Mempengaruhi Kejadian Stunting pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2269-2276. doi:10.31004/obsesi.v5i2.1169

Olo, A., Mediani, H. S., & Rakhmawati, d. W. (2021). Hubungan Faktor Air dan Sanitasi dengan Kejadian Stunting pada Balita di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).

Ramayulis, R. (2018). Stop Stunting denga Konseling Gizi. Jurnal Swadaya Grup.

Valeriani, D., Wibawa, D. P., Safitri, R., & Apriyadi, d. R. (2022). Menuju Zero Stunting Tahun 2023 Gerakan Pencegahan Dini Stunting Melalui Edukasi pada Remaja di Kabupaten Bangka. Jurnal Pustaka Mitra, 2(2), 84- 88.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-31

Cara Mengutip

Alamsyah, R., Sari, S. D. M., Fahrezi, R., Alpiansyah, A., Fortiana, J., Nabila, S. N., Selpiyana, M., Irawan, V. E., Ayuni, R. M., Putri, R. A., Apriliyanti, S., Fathurrazaq, M. A., Septian, D. R., Febriyani, F., Liana, A., Putriani, W., Yusup, R. M., Kasih, A. N., Fadilah, M. R., Rachma, G. F., Fadhilah, N. H. K., Mujahidi, K., Dwiatmoko, M. Z., & Riany, M. (2024). Mewujudkan Kestabilan Ekonomi dan Pencegahan Stunting demi Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Pengabdian West Science, 3(01), 39–60. https://doi.org/10.58812/jpws.v3i01.947