Menyiapkan Wirausaha Muda Perduli Pertanian di Lingkungan SMK Swasta Al-Washliyah 3 Medan

Penulis

  • Leni Handayani Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Ova Novi Irama Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Sri Wahyuni Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Nomi Noviani Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Dian Habibie Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.58812/jpws.v3i01.913

Kata Kunci:

Wirausaha Muda, Penyuluhan, Hidroponik

Abstrak

(1) Adanya perubahan pola pikir sehingga meningkatnya kepedulian siswa SMK Swasta Al-Washliyah 3 Medan  pada bidang pertanian (2) Adanya pemahaman siswa SMK Swasta Al-Washliyah 3 Medan terhadap teknologi budidaya pertanian modern yang hemat energi namun sederhana yaitu teknologi pertanian Vertikultur dan Hidroponik (3) Terkelolanya halaman gedung SMK Swasta Al-Washliyah 3 Medan dan sekitar bangunan serta lahan pekarangan melalui budidaya tanaman sayuran hidroponik dan tanaman obat-obatan, (4) Menyiapkan jiwa kewirausahaan siswa SMK Swasta Al-Washliyah 3 Medan sebagai generasi penerus  (5) Meningkatnya kebersihan lingkungan sekolah karena terkelolanya sampah dedaunan dan limbah organik sebagai pupuk organik. Pengabdian masyarakat dilakukan dengan menggunakan metode pelatihan dan pendampingan. Agar proses pelatihan dapat terlaksana dengan baik dan mudah dipahami oleh mitra, maka dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu ceramah, diskusi/tanya jawab, dan praktik langsung serta pendampingan. Pengabdian masyarakat dilaksanakan bersama dengan kelompok mitra yaitu SMK Swasta Al-Washliyah 3 Medan. Dari kegiatan PKM yang dilakukan oleh tim pelaksana kegiatan PKM UMN Al-Washliyah dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut : Siswa SMK Swasta Al Washliyah 3 Medan yang menjadi Mitra Pengabdian memiliki perubahan pada mind set siswa SMK yaitu sikap peduli pada bidang pertanian khususnya budidaya hidroponik dan siswa dapat membudidayakan berbagai jenis tanaman sayuran pada sistem vertikultur, hidroponik  dan berlatih kewirausahaan sehingga dari kegiatan diharapkan dapat bermanfaat dalam mendukung usaha peningkatan income generating bagi pihak sekolah. Muatan Kewirausahaan dalam lingkup pengajaran di sekolah merupakan hal baru bagi mitra, yaitu SMK Swasta Al Washliyah 3 Medan sehingga memerlukan pendampingan khusus dan lebih intens; Kemauan untuk terus belajar ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi membuat Siswa SMK memilih untuk melanjutkan kuliah setelah lulus studi dan ada juga yang bekerja serta ingin mencoba membuka usaha sendiri.

Referensi

Chayavi Faizza Kurnia, Nabilah Nata Yuwana, Anggita Priska Cahyani. 2018. Pengembangan Jiwa Kewirausahaan di Kalangan Mahasiswa dengan Memanfaatkan Teknologi Digital. Prosiding Seminar Nasional Manajemen dan Bisnis ke-3. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember.

Khariyani, A. M., & Fauziyari, E. (2022). Clustering Dengan Metode K-Means Berdasarkan Potensi Pertanian Di Jawa Tengah. Prosiding Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2721)

Prayitno, G., Pahlevi, M. R., Pridayanti, A., & Wigayatri, M. (2020). Pemetaan Potensi Pertanian Desa Brongkal Kecamatan Pagelaran Berbasis Partisipatif. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1)

Prastowo, N. J. (2022). Peran BI Dalam Percepatan Digitalisasi Pertanian. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Pertanian

Rasminto, & Ain, M (2021) Model Ketahanan Pangan dalam Menghadapi Dampak Pandemi Covid-19 Melalui Pengiatan Pertanian Komunal, Jurnal Green Growth dan manajemen Lingkungan, 10 (1)

Sebayang. J.S. (2020) Potensi Penyerapan Tenaga Kerja Melalui Penguatan Sektor Pertanian di Sumatera Utara. Jrnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora, Vol 2. No. 5 (05)

Sukirman, 2017. Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha Melalui Perilaku Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis vol. 20 no.1 hal:113-132

Tri Kuat. 2015. Penumbuhan Jiwa Kewirausahaan Melalui Praktik Bisnis di Business Center (Studi Kasus: SMK Muhammadiyah 2 Surakarta). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Vol. 25 No. 1 hal:115-168 Doi: 10.2317/jpis.v25i1.827

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-31

Cara Mengutip

Handayani, L., Irama, O. N., Wahyuni, S., Noviani, N., & Habibie, D. (2024). Menyiapkan Wirausaha Muda Perduli Pertanian di Lingkungan SMK Swasta Al-Washliyah 3 Medan. Jurnal Pengabdian West Science, 3(01), 61–72. https://doi.org/10.58812/jpws.v3i01.913