Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembantu Guru Dalam Pembuatan Soal Pilihan Berganda Pada Guru-Guru Di SMKS Budi Agung Medan

Penulis

  • Fenny Afrida Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eka Prasetya
  • Lisa Elianti Nasution Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eka Prasetya
  • Dian Setyorini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eka Prasetya
  • Dita Sayidina Harahap Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eka Prasetya
  • Isra Rafika Sihombing Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eka Prasetya
  • Deliyanti Simbolon Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eka Prasetya

DOI:

https://doi.org/10.58812/jpws.v2i08.572

Kata Kunci:

Teknologi Internet, Gaya Belajar, Aplikasi Quizizz

Abstrak

Di era digital seperti saat ini pembelajaran merupakan jantungnya aktivitas pendidikan, sehingga proses pembelajaran menempati posisi dan peranan yang sangat penting di dunia pendidikan. Dalam kegiatan pembelajaran inilah terjadi proses tukar informasi kepada para siswa sesuai kurikulum yang berlaku sehingga perlu adanya peningkatan kualitas pembelajaran yang disesuaikan dengan tuntutan perkembangan abad 21, yang serba digital ini. Dengan strategi pembelajaran era digital tersebut diharapkan guru dan siswa mendapatkan kemudahan dalam proses pembelajaran. Selain itu, tidak ada salahnya jika guru mencoba menggabungkan antara pendidikan dengan Entertainment seperti penggunaan aplikasi quizizz dalam media pembelajaran. Adapun tujuan dari pelaksanaan pengabdian ini yaitu tercapainya proses belajar mengajar secara maksimal tanpa membuat siswa/i merasa bosan serta membantu guru dalam membuat soal pilihan berganda yang tidak monoton dengan menggunakan aplikasi quizizz. Adapun solusi dari penyelesaian masalah tersebut yaitu memberikan pelatihan dasar kepada guru-guru tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi quizizz. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendampingan dalam penggunaan teknologi internet, dan penggunaan aplikasi quizizz. Hasil dari kegiatan ini adalah dalam bidang sumber daya manusia, meningkatnya pengalaman bagi guru di SMK Swasta Budi Agung Medan dalam penggunaan aplikasi quizizz yang berguna membantu para guru dalam pembuatan soal pilihan berganda. Selain membuat soal pilihan berganda, quizizz juga berguna dalam penyampaian materi yang dibuat dengan semenarik mungkin yang diharapkan dapat membuat minat belajar siswa semakin meningkat.

Referensi

Abdul, Majid. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2007.

Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran quizizz untuk pembelajaran jenjang pendidikan dasar dan menengah di Bengkulu. Kependidikan, 2(25).

Azis, T. N. (2019, December). Strategi pembelajaran era digital. In The Annual Conference on Islamic Education and Social Science (Vol. 1, No. 2, pp. 308-318).

DePorter, B. & Hernacki, M. 2000. Quantum Learning. Edisi Revisi. Bandung: Kaifa. Hamalih, O.H. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. Hasrul. 2009. “Pemahaman Tentang Gaya Belajar”. Jurnal Medtek, 1(2), Oktober 2009.

Herniati, Reni, dkk. (2017). Penerapan Model Predict Observe Explain Dengan Pendekatan Learning By Doing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Fisika FLUX. 14(2).

Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa [Effectiveness of Using Kahoot! to Improve Student Learning Outcomes]. Pedagogia : Jurnal Pendidikan 1.8 (2019)

Maslakhah, Siti. (2019). Penerapan Metode Learning By Doing Sebagai Implementasi Filsafat Pragmatisme Dalam Mata Kuliah Linguistik Historis Komparatif. Jurnal Diksi. 27(2)

Noor, S. (2020). Penggunaan quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1-7.

Robani, M. E., Rachim, F. A., & Febriani, A. (2021). Metode Learning By Doing dalam Mengoptilalisasi Kualitas Belajar Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Edukasia, 1(1), 24-30.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi| JIITUJ|, 4(2), 163-173.

Sunami, Anis Santi. (2014). Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Pengolahan Kue dan Roti Melalui Model Pembelajaran Bekerja Langsung (Learning By Doing) Di Kelas X Patiseri Program Keahlian Tata Boga SMK Negeri 3 Pati Tahun 2010/2011. Jurnal Teknobuga. 1(2).

Suwardi, Dana Ratifi. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bae Kudus. Economic Education Analysis Journal. 1(2).

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-28

Cara Mengutip

Fenny Afrida, Nasution, L. E., Dian Setyorini, Harahap, D. S., Sihombing, I. R., & Deliyanti Simbolon. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembantu Guru Dalam Pembuatan Soal Pilihan Berganda Pada Guru-Guru Di SMKS Budi Agung Medan . Jurnal Pengabdian West Science, 2(08), 698–704. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i08.572