Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Melalui Pelatihan Kewirausahaan

Penulis

  • Sugiyanto Sugiyanto Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti Wonogiri
  • Makhda Intan Sanusi Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti Wonogiri

DOI:

https://doi.org/10.58812/jpws.v2i07.481

Kata Kunci:

UMKM, Pelatihan, Penyuluhan

Abstrak

UMKM atau usaha mikro kecil dan menengah merupakan sebuah bisnis yang banyak dikelola oleh masyarakat Indonesia. UMKM juga merupakan salah satu sektor ekonomi yang berkembang di Indonesia. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah dapat menjadi salah satu strategi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat kecil yang terdampak dan juga memberi semangat supaya bisa memperkuat jiwa kewirausahaannya kembali. Metode yang diterapkan dalam pengabdian masyarakat ini adalah parsitipatif. Pendekatan yang berfokus dalam sasaran peningkatan peran serta masyarakat secara aktif dalam berbagai proses, yaitu dengan cara memberikan penyuluhan dan melakukan pendampingan pelatihan kewirausahaan. Hasil dari pengabdian telah menunjukkan para peserta berhasil mempraktikkan secara mandiri mulai dari proses pebuatan, sampai pemasaran yang telah diajarkan, adapun hasil dari Pelatihan wirausaha ini Tingkat keberhasilan pencapaian dengan menggunakan indikator pemahaman tentang kewirausahaan dan tentunya menumbuhkan kembali jiwa berwirausaha.

Biografi Penulis

Sugiyanto Sugiyanto, Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti Wonogiri

 

 

Makhda Intan Sanusi, Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti Wonogiri

 

 

 

Referensi

Marlianah, L. (2020). Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 Ditengah Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi.

Rahmana, A. M. (2021). Pendampingan Strategi Pemasaran Digital Produk Makanan Dalam Menjalankan Bisnis Di Era New Normal Di Kota Bandung. AL-KHIDMAT .

Ari Susanti, B. I. (2020). Strategi UKM Pada Masa Pandemi Covid-19. Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-31

Cara Mengutip

Sugiyanto, S., & Sanusi, M. I. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Melalui Pelatihan Kewirausahaan. Jurnal Pengabdian West Science, 2(07), 588–594. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i07.481