PENGHAYATAN NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP KEBERAGAMAN UNTUK MEWUJUDKAN BHINNEKA TUNGGAL IKA DI SEKOLAH

Penulis

  • Fadhila Tamara Universitas Sriwijaya
  • Rahmi Susanti Universitas Sriwijaya
  • Meilinda Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.58812/jpws.v2i07.475

Kata Kunci:

Penghayatan, Nilai Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mengungkap nilai-nilai pancasila dalam mewujudkan kebhinneka tunggal ikaan yang ada di ekosistem sekolah. Makna dari setiap butir kalimat yang mengandung nilai-nilai harus diaplikasikan dalam kehidupan ekosistem sekolah sebagai ideologi bangsa. Penghayatan nilai-nilai Pancasila yang ada di sekolah menguatkan identitas manusia Indonesia yakni kebhinnekaan, pancasila dan religiusitas yang membawa jati diri bangsa dengan segala keanekaragaman dan saling menghormati serta menghargai segala bentuk perbedaan. Bhinneka Tunggal Ika menjadi cerminan keseimbangan antara unsur perbedaan dengan unsur kesamaan yang menjadi ciri kesatuan. Pancasila punya peranan besar dalam membentuk pemikiran dan juga pemahaman terkait keberagaman dalam lingkungan sekolah. Metode penelitian ini adalah studi literatur dengan pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengelola bahan penelitian. Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai-nilai Pancasila dapat memberikan landasan yang kuat untuk mewujudkan keberagaman di sekolah. Melalui penghayatan nilai-nilai Pancasila, sekolah dapat mendorong pengertian dan penghargaan terhadap keberagaman budaya, agama, suku, dan latar belakang lainnya di ekosistem sekolah.

Biografi Penulis

Rahmi Susanti, Universitas Sriwijaya

 

 

Meilinda, Universitas Sriwijaya

 

 

Referensi

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).

Banks, James A. (2001). Diversity Within Unity: Essentian and Principal for Teaching and Learning in Multlicultural Society. Published by Center For Multicultural Education, College of Education, University of Washington.

Banks, James A. (2002). An introduction to multicultural education. Boston: Allyn and Bacon.

Damanhuri, Dkk. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Untirta Civic Education Journal. Vol 1. No (2).

Hidayat, Nur. (2016). Peran Dan Tantangan Pendidikan Agama Islam Di Era Global. Jurnal ElTarbawi. 131–45.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Salim, M. (2017). Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Perwujudan Ikatan Adat-Adat Masyarakat Adat Nusantara. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 6(1), 65–74.

Sianturi, Y. R. U., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari Dan Sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 222–231.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29.

Suparto, Ridwan al-Makassary. (2010). Cerita Sukses Pendidikan Multukultural di Indonesia. Jakarta. CSRC UIN Syarif Hidayatullah.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-31

Cara Mengutip

Tamara, F., Susanti, R., & Meilinda. (2023). PENGHAYATAN NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP KEBERAGAMAN UNTUK MEWUJUDKAN BHINNEKA TUNGGAL IKA DI SEKOLAH. Jurnal Pengabdian West Science, 2(07), 530–540. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i07.475