Workshop Pemanfaatan Media Canva Sebagai Inovasi Pembelajaran Guru di SMP Negeri 1 Indralaya

Penulis

  • Alfiandra Universitas Sriwijaya
  • Farhan Alfaraby Universitas Sriwijaya
  • Taufik Apriliani Universitas Sriwijaya
  • Maimunah Universitas Sriwijaya
  • Wenni Rianti Universitas Sriwijaya
  • Yose Ari Nopianur Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.58812/jpws.v3i01.402

Kata Kunci:

Canva, Media Pembelajaran, Inovasi Pembelajaran

Abstrak

Workshop pemanfaatan media canva sebagai inovasi guru dalam pembelajaran bertujuan untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru bagi guru. Metode yang digunakan adalah pendampingan melalui beberapa tahapan kegiatan yaitu: pertama; Tahapan perizinan terhadap pihak sekolah Kedua; Tahapan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan dengan agenda pemberian materi cara penggunaan aplikasi canva, sekaligus praktik langsung. Sasaran kegiatan ini adalah guru-guru aktif SMP Negeri 1 Indralaya yang berjumlah 15 orang. Evaluasi dilakukan untuk melihat sejauh mana pemahaman dan keterampilan peserta pelatihan dalam memanfaatkan aplikasi Canva serta dampaknya terhadap proses pembelajaran di kelas Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa setelah mengikuti kegiatan workshop guru di SMP Negeri 1 Indralaya telah berhasil membuat media pembelajaran seperti infografis, powerpoint dan video pembelajaran. Kemudian guru yang mengikuti kegiatan workshop pemanfaatan media canva telah mampu menerapkan media pembelajaran yang telah mereka buat kedalam kegiatan pembelajaran. Efek dari kegiatan ini adalah guru sebagai peserta pelatihan sudah memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam membuat media melalui canva. Selanjutnya guru telah menggunakan canva tersebut di dalam kelas sebagai media pembelajaran.

Referensi

Amini, S. K., & Pujiharti, Y. (2021). Pengembangan Canva sebagai Media Pembelajaran Ekonomi di SMP Pondok Pesantren Tholabie Malang. ECODUCATION: Economic & Education Journal, 3(2), 204–217.

Arif S. Sadiman. (2012). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan nya, Jakarta: Rajawali Pers.

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.

Dian Aulia Inzani, Sri Ashrini AR, Nur Halisa, Latifah Asmil Fauzi, Muh. Rahmat, Muh.Syukur, Muhammad Sofyan, F. N. (2021). Webinar Pelatihan Media Pembelajaran. Journal Lepa-Lepa …, 1, 143–151.

Garris Pelangi. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jurnal Sasindo Unpam, Vol 8, No 2, Desember 2020 PEMANFAATAN, 8(2), 79–96.

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-30

Cara Mengutip

Alfiandra, Alfaraby, F., apriliani, T., Maimunah, Rianti, W., & Nopianur, Y. A. (2024). Workshop Pemanfaatan Media Canva Sebagai Inovasi Pembelajaran Guru di SMP Negeri 1 Indralaya . Jurnal Pengabdian West Science, 3(01), 01–13. https://doi.org/10.58812/jpws.v3i01.402