Penguatan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila di Panti Asuhan Al Fatih Palembang

Penulis

  • Meliyanti Universitas Sriwijaya
  • Alfiandra Universitas Sriwijaya
  • Khukuh Maftuh Iksan Universitas Sriwijaya
  • Meriyanti Sari Universitas Sriwijaya
  • Nopita Angraini Universitas Sriwijaya
  • Emon Fariansyah Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.58812/jpws.v2i6.385

Kata Kunci:

Penguatan, Profil Pelajar Pancasila, Panti Asuhan

Abstrak

Kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk penguatan pendidikan karakter bagi anak-anak di Panti Asuhan Al Fatih Palembang. Metode kegiatan yang digunakan yaitu pendampingan dengan melalui tiga tahapan kegiatan yaitu: pertama; Observasi awal dengan pengisian angket oleh anak-anak di awal sebelum melaksanakan kegiatan dan diakhir setelah melaksanakan kegiatan untuk menilai keberhasilan dari kegiatan penguatan yang  dilaksanakan, kedua; pelaksanaan kegiatan untuk penguatan karakter yang masih cukup rendah berdasarkan hasil pengisian angket awal, ketiga; pemantauan berkelanjutan dengan pengasuh panti asuhan secara asynchronous menggunakan chat WhatsApp. Sasaran kegiatan penguatan karakter yang kami laksanakan yaitu anak-anak di Panti Asuhan Al Fatih dengan bantuan pengasuh panti asuhan untuk mengakomodir anak-anak dalam mengikuti kegiatan yang akan dilaksanakan. Dari hasil pengisian lembar angket pasca kegiatan juga terlibat perubahan dari sebelumnya. Hal ini menunjukan adanya perubahan atau dampak dari kegiatan yang telah dilaksanakan, dan untuk menjaga keberlangsungan dampak kegiatan maka akan terus dilakukan pemantauan berkelanjutan.

Referensi

Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Penerapan Model Picture and Picture Dalam Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 11(3), 234–241.

Fardiansyah, H. (2022). Manajemen Pendidikan (Tinjauan Pada Pendidikan Formal). Bandung: Idina Media Utama.

Irwansyah, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Peraturan Perundang-undangan Permendikbud Ristek No. 22 Tahun 2020

Sofyan, Y. (2020). Peranan Konseling Dosen Wali Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta Wilayah LLDIKTI IV. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 237–242.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-28

Cara Mengutip

Meliyanti, Alfiandra, Iksan, K. M., Meriyanti Sari, Nopita Angraini, & Emon Fariansyah. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila di Panti Asuhan Al Fatih Palembang. Jurnal Pengabdian West Science, 2(06), 384–392. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i6.385