Mewujudkan Lingkungan Sekolah Tanpa Plastik di SMA Srijaya Negara Palembang

Penulis

  • Dwi Puspita Sari Universitas Sriwijaya
  • Anisa Aprilia Universitas Sriwijaya
  • Annisa Salsabila Universitas Sriwijaya
  • Anwar Haqiem Universitas Sriwijaya
  • Diva Ananta Pratiwi Universitas Sriwijaya
  • Dwi Puspita Sari Universitas Sriwijaya
  • Sofia Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.58812/jpws.v2i5.327

Kata Kunci:

Lingkungan, Limbah Plastik, Sekolah

Abstrak

Abstract: Penelitian ini dilakukan di SMA Srijaya Negara Palembang dengan Populasi dalam proyek ini adalah siswa KIR SMA Srijaya Negara yang berjumlah 43 siswa. Sampel dalam proyek ini berjumlah 20 siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Metode penelitian dilakukan secara survei. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu Siswa SMA Srijaya Negara Palembang sudah memiliki karakter peduli lingkungan dengan nilai rata-rata 85,6 dengan kategori sangat baik, sedangkan untuk penerapan prinsip go green dengan skor rata-rata 87 dengan kategori sangat baik. Dengan penerapan prinsip go green membuat lingkungan sekolah menjadi bersih dan bebas sampah plastik.

Biografi Penulis

Anisa Aprilia, Universitas Sriwijaya

 

 

Annisa Salsabila, Universitas Sriwijaya

 

 

Anwar Haqiem, Universitas Sriwijaya

 

 

Diva Ananta Pratiwi, Universitas Sriwijaya

 

 

Dwi Puspita Sari, Universitas Sriwijaya

 

 

Sofia, Universitas Sriwijaya

 

 

Referensi

Anonymous. (2013). Energy panas bumi. htttp://id.wikepedia.org/wiki/enegri_panas bumi

Amirullah, A., Madjid, S., & Ahmadin, A. (2020). Peningkatan Pemahaman Peran dan Nilai-Nilai Perjuangan Tokoh Nasional Bung Karno Dan Hatta Sebagai Proklamator Bagi Guru Sejarah Sma Se Kabupaten Polewali Mandar. Humanis, 19(1), 6-11.

Dr.riduwan, M. B. . (2013). Metode dan Teknik Menyusun Tesis (Cet.9). Alfabeta. http://katalogdisperpusiplombokutara.perpusnas.go.id/detail-opac?id=355

Ifrani, M., Said, M. Y., & Listiyana, N. (2020). Pengelolaan Sampah Plastik Dalam Rangka Menjaga Kelestarian Lahan Basah Di Kalimantan Selatan. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 5(1), 1–8.

Köse, S., Savran Gencer, A., Gezer, K., Erol, G. H., & Bilen, K. (2011). Investigation of Undergraduate Students’ Environmental Attitudes. International Electronic Journal of Environmental Education, 1(2), 85–96.

Narut, Y. F., & Nardi, M. (2019). Analisis sikap peduli lingkungan pada siswa kelas VI sekolah dasar di Kota Ruteng. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 259–266.

Purwaningrum, P. (2016). Upaya mengurangi timbulan sampah plastik di lingkungan. Indonesian Journal of Urban and Environmental Technology, 8(2), 141–147.

Siregar, S. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dilengkapi Perbandingan Hitung Manual & SPSS. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono, E. W. (2003). Statistika Untuk Penelitian, CV. Alfabeta: Bandung.

Sulaeman, S. (2016). Manajemen sekolah Adiwiyata Mandiri di Kota Bandung: Studi deskriptif analitik di SD BPI dan SDN Cijawura Kota Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Suyadi, S. (2010). Konsep Edutaiment Dalam Pembelajaran di Tingkat SD/MI (Antisipasi Keterkejutan Mental Anak Pada Masa Transisi Dari TK/RA ke SD/MI). Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1).

Sartiyono,. T. 2019. Penggunaan Prasarana Dan Sarana Perkantoran Berbasis Go Green. Jakarta: Ebook

Wahyuni, S., & MP, S. E. (2018). BIOGAS: Hemat Energi Pengganti Listrik, BBM, dan Gas Rumah Tangga. AgroMedia.

Windarto, M. (2020). PEMBERDAYAAN SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN SAMPAH SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH). Prosiding PKM-CSR, 3.

Yunansah, H., & Herlambang, Y. T. (2017). Pendidikan berbasis ekopedagogik dalam menumbuhkan kesadaran ekologis dan mengembangkan karakter siswa sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 27–34.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-31

Cara Mengutip

Sari, D. P., Aprilia, A., Salsabila, A., Haqiem, A., Ananta Pratiwi, D., Puspita Sari, D., & Sofia. (2023). Mewujudkan Lingkungan Sekolah Tanpa Plastik di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Pengabdian West Science, 2(05), 291–305. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i5.327