Pendampingan Pengelolaan Bank Sampah Sebagai Optimalisasi Peningkatan Kesadaran Lingkungan di Desa Umbulsari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang

Penulis

  • Nadya Rahma Andjani Putri Universitas Negeri Semarang
  • Taufik Nur Wahyudi Universitas Negeri Semarang
  • Ainis Apriliani Kurniawati Universitas Negeri Semarang
  • Agda Faisal Aziz Universitas Negeri Semarang
  • Kinanti Fatimah Azzahra Universitas Negeri Semarang
  • Vinna Amelia Maharani Universitas Negeri Semarang
  • Putri Khoirin Nashiroh Universitas Negeri Semarang
  • Budi Santoso Desa Umbulsari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang

DOI:

https://doi.org/10.58812/jpws.v3i08.1575

Kata Kunci:

Kesadaran Lingkungan, Pengelolaan Bank Sampah, Sampah

Abstrak

Sampah merupakan permasalahan yang cukup besar bagi masyarakat Desa Umbulsari, Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang. Banyak dari mereka yang mengeluhkan banyaknya sampah yang menumpuk. Kita tahu bahwa sampah yang tidak diolah dengan baik, akan menjadi sumber penyakit. Akan tetapi, masyarakat kurang sadar bagaimana cara mengolah sampah yang baik dan benar. Kurangnya kesadaran masyarakat menjadi faktor utama permasalahan sampah di Desa Umbulsari ini. Dengan melakukan Pendampingan Pengelolaan Bank Sampah, Tim UNNES Giat 9 berupaya untuk mengoptimalkan tingkat kesadaran lingkungan di Desa Umbulsari. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat mengetahui dan membiasakan bagaimana cara mengolah sampah yang baik dan benar. Mulai dari pemilahan sampah dari rumah, pengumpulan sampah, hingga sampah akan ditimbang dan ditukar dengan uang. Jadi, masyarakat tidak hanya mengurangi sampah rumah tangga, tetapi mereka juga dapat menghasilkan uang dari sampah tersebut.

Referensi

Ariefahnoor, D., Hasanah, N., & Surya, A. (2020). Pengelolaan sampah Desa gudang tengah melalui manajemen bank sampah. Jurnal Kacapuri: Jurnal Keilmuan Teknik Sipil, 3(1), 14-30.

Auliani, R. (2020). Peran bank sampah induk dalam pengelolaan sampah Kota Medan. Jurnal Abdidas, 1(5), 330-338.

Halid, O. A., Yulianto, K., & Saleh, M. (2022). STRATEGI PENGELOLAAN BANK SAMPAH di NTB (Studi Kasus Bank Sampah Bintang Sejahtera). Januari, 8, 763.

Harsari, F. S., Priyambada, I. B., & Samadikun, B. P. (2016). Studi Timbulan, Komposisi dan Karakteristik dalam Perencanaan Teknis Operasional Pengelolaan Sampah di Rusunawa dan LPPU Universitas Diponegoro. Jurnal Teknik Lingkungan, 5(1).

Angeli, M., Kurniasih, I., Ariyani, D., & Ngazizah, N. (2023, December). Implementasi Pendidikan Lingkungan Pada Pengelolaan Sampah Di Bank Sampah Sejahtera. Journal of Global and Multidisciplinary, 1(6).

Fitri, N. R., Himawan, A. S., Fadillah, A. S., Dahayu, H. P., & Marwenny, E. (2024, Juli - Desember). Mengulas Regulasi Terkait Mekanisme Pengelolaan Sampah Melalui Bank Sampah di Kota Padang. Jurnal Kajian Hukum dan Kebijakan Publik, 2(1).

Yayasan Unilever Indonesia. (n.d.). Buku Panduan Sistem Bank Sampah dan 10 Kisah Sukses. Unilever Indonesia.

Nisa, S. Z., & Saputro, D. R. (2021). Pemanfaatan Bank Sampah sebagai upaya Peningkatan Pendapatan Masyarakat di Kelurahan Kebonmanis Cilacap. BANTENESE : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(2), 89–103. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v3i2.3899

Suryani, A. S. (2014). Peran Bank Sampah Dalam Efektivitas Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Bank Sampah Malang). Aspirasi, 5(1), 71–84. https://dprexternal3.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/447/344

Prastiwi, V. D. (2021, Desember). Jurnal Studi Islam. ANALISIS TINDAKAN SOSIAL MAX WEBER DALAM KEBIASAAN MEMBACA ASMAUL HUSNA PESERTA DIDIK MI/SD, 13.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-30

Cara Mengutip

Putri, N. R. A., Wahyudi, T. N., Kurniawati, A. A., Aziz, A. F., Azzahra, K. F., Maharani, V. A., Nashiroh, P. K., & Santoso, B. (2024). Pendampingan Pengelolaan Bank Sampah Sebagai Optimalisasi Peningkatan Kesadaran Lingkungan di Desa Umbulsari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang. Jurnal Pengabdian West Science, 3(08), 1086–1097. https://doi.org/10.58812/jpws.v3i08.1575