Meningkatkan Edukasi Pelajar dan Masyarakat Desa Pasirbaru Melalui Pencegahan Stunting, Digitalisasi, dan Penghijauan

Penulis

  • Arip Apriansyah Universitas Nusa Putra
  • Dwi Novianti Putri Universitas Nusa Putra
  • Rhaisa Salsabilla Universitas Nusa Putra
  • Allya Saffir Universitas Nusa Putra
  • Amanda Nursafitri Universitas Nusa Putra
  • Livia Aditria Universitas Nusa Putra
  • Muhamad Hendry I.R Universitas Nusa Putra
  • Naufal Nuryanto Universitas Nusa Putra
  • Marina Marina Universitas Nusa Putra

DOI:

https://doi.org/10.58812/jpws.v3i08.1527

Kata Kunci:

KKN, Stunting, Digitalisasi, Penghijauan

Abstrak

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Nusa Putra di Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pencegahan stunting, digitalisasi pendidikan, dan penghijauan. KKN ini dilaksanakan dengan pendekatan interdisipliner, yang melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memahami masalah setempat. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya permasalahan terkait kesehatan, teknologi, dan lingkungan. Melalui program kerja wajib seperti penanaman pohon dan percepatan penurunan stunting, serta program kerja usulan yang meliputi pengelolaan sampah dan pendidikan teknologi, diharapkan dapat tercipta perubahan positif di Desa Pasirbaru.

Referensi

Anas, A. Y., Riana, A. W., & Apsari, N. C. (n.d.). Desa Dan Kota Dalam Potret Pendidikan.

Laili, U., & Andriani, R. A. D. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pencegahan Stunting. In Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks (Vol. 5, Issue 1).

Nur, A. (n.d.). Paradigma Masyarakat dan Keredupan Masa Depan Pendidikan di Desa.

Rahmadhita, K. (2020). Permasalahan Stunting dan Pencegahannya. Juni, 11(1), 225–229. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.253

Ramdhani, A., Handayani, H., & Setiawan, A. (n.d.). Hubungan Pengetahuan Ibu Dengan Kejadian Stunting Mpther’s Knowledge Relationship With Stunting Events.

Sutriyawan, A., & Nadhira, C. C. (2020). Kejadian Stunting Pada Balita Di UPT Puskesmas Citarip Kota Bandung. Jurnal Kesehatan Masyarakat Khatulistiwa, 7(2), 79–88.

Syardiansah. (2019). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017). JIM UPB, 7(1).

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-30

Cara Mengutip

Apriansyah, A., Putri, D. N., Salsabilla, R., Saffir, A., Nursafitri, A., Aditria, L., Hendry I.R, M., Nuryanto , N., & Marina , M. (2024). Meningkatkan Edukasi Pelajar dan Masyarakat Desa Pasirbaru Melalui Pencegahan Stunting, Digitalisasi, dan Penghijauan. Jurnal Pengabdian West Science, 3(08), 1043–1059. https://doi.org/10.58812/jpws.v3i08.1527