Merangkul Kemajuan Desa, Membangun Kemandirian dan Kesejahteraan Bersama. Building Together, Inspiring Stronger

Penulis

  • Fawwaz Muhammad Naufal Universitas Nusa Putra
  • Riyan Riyan Universitas Nusa Putra
  • Salsabila Khaiunnisa Kemal Universitas Nusa Putra
  • Panji Narputro Universitas Nusa Putra

DOI:

https://doi.org/10.58812/jpws.v3i08.1523

Kata Kunci:

Desa Gandasoli, Masyarakat, Alam, Potensi, Pemberdayaan, Sukabumi

Abstrak

Desa Gandasoli, sebagai salah satu desa di Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, menghadapi berbagai tantangan dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakatnya. Latar belakang penelitian ini adalah masalah stunting yang tinggi di Indonesia, termasuk di Desa Gandasoli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberdayakan masyarakat dan UMKM, serta mencegah stunting melalui program pengabdian kepada masyarakat. Metode penelitian melibatkan observasi, survei, dan diskusi dengan masyarakat untuk merancang program yang tepat. Program ini mencakup pembuatan video profil desa, branding UMKM, pemberian makanan tambahan (PMT), sosialisasi mitigasi bencana, dan kegiatan pendidikan serta kebersihan lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program-program ini berhasil meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat, memperkuat UMKM, serta membantu mengurangi risiko stunting dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Desa Gandasoli. Melalui kolaborasi yang sinergis antara pemerintah, masyarakat, dan institusi pendidikan, Desa Gandasoli diharapkan dapat menjadi model pemberdayaan desa lainnya di Indonesia.

Referensi

Arief Herdiansah, Shieva Nur Azizah Ahmad, Yeni Daniarti, Rima Rizqi Wijayanti, Maulana Ibrahim, Ahmad Saifullah, (2023), Sosialisasi Cegah Stunting dan Aplikasi Pencegahan Stunting Bagi Masyarakat Kelurahan Poris Jaya Kota Tangerang.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2023). "Prevalensi Stunting di Indonesia."

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes). (2022). "Laporan Tahunan Kesehatan."

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa). (2021). "Panduan Pembuatan Profil Desa."

Imelda Sinaga, Agnes Susana Merry Purwati, Victoria Ari Palma Akadiati, Fenty Ariany, (2022), Pemberdayaan UMKM Pusat Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Pusparekraf) Bandar Lampung dalam pengisian SPT Tahunan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-30

Cara Mengutip

Naufal, F. M., Riyan, R., Kemal, S. K., & Narputro, P. (2024). Merangkul Kemajuan Desa, Membangun Kemandirian dan Kesejahteraan Bersama. Building Together, Inspiring Stronger. Jurnal Pengabdian West Science, 3(08), 1016–1034. https://doi.org/10.58812/jpws.v3i08.1523