Eksplorasi Pengalaman Mahasiswa Magang Dalam Menulis Surat Perjalanan Dinas di DPMPD DUKCAPIL Provinsi NTB

Penulis

  • Siva Ullaeli Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Lisna Wati Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Linda Andayani Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Rossi Maunofa Widayat Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.58812/jpws.v3i06.1221

Kata Kunci:

Eksplorisasi, Surat Perjalanan Dinas, DPMP DUKCAPIL Provinsi NTB

Abstrak

Program magang adalah upaya pengembangan pengetahuan, pembentukan keterampilan, dan peneguhan sikap yang di lakukan melalui belajar dengan berbuat (doing by learning). Program magang ini wajib diikuti oleh mahasiswa S1 administrasi publik dengan didampingi dosen pembimbing yang ditentukan oleh pihak program studi. Magang mahasiswa di dinas DPMPD merupakan sebuah upaya kolaboratif antara lembaga pendidikan tinggi dan instansi pemerintah. Dalam pelaksaannya menggunakan metode magang, yang merupakan implementasi dari teori yang di dapat di dalam perkuliahan kemudian disinkronkan dengan kegiatan praktik magang di lapangan. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan yakni observasi dan dokumentasi. Hasil dari magang di dinas DPMPD memberikan beragam pengalaman berharga bagi mahasiswa. Mahasiswa melaporkan peningkatan pemahaman mereka tentang berbagai isu yang terkait dengan pemberdayaan masyarakat dan pengendalian penduduk, serta pengembangan keterampilan praktis seperti analisis kebijakan, komunikasi, peningkatan skill di bidang teknologi dan kerja tim. Selain itu, magang juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk membangun jaringan profesional dan meningkatkan kepercayaan diri mereka. Sebagai pengoptimalan peningkatan skill magang mahasiswa khususnya dalam bidang administrasi maka dilakukan pembuatan surat seperti: Surat Tugas, Nota Dinas dan Surat Perjalanan Dinas. Pembuatan surat tersebut dilakukan untuk kegiatan monitoring dan evaluasi kerja sama desa yang merupakan program Dinas DPMPD NTB.

Referensi

Amir Fatah. (2021). Eksplorasi Dukungan Industri Mitra Dalam Pelaksanaan Magang Pada Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. file:///C:/Users/Acer/Downloads/ProsidingSNASTEP2021.pdf

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( Fokus : Model MBKM Program Studi ). 4(1), 195–205.

Ismail; Hasan; Musdalifah. (2018). PENGEMBANGAN KOMPETENSI MAHASISWA MELALUI EFEKTIVITAS PROGRAM MAGANG KEPENDIDIKAN 1Ismail; 2, 124–132.

Wasih, W., Marita, M., & Tama, L. (2023). Manfaat Mahasiswa Magang Dalam Program MBKM Kerjasama Antar Universitas Bina Darma Palembang Dengan Pemkab Banyuasin. 4(1), 536–547.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-28

Cara Mengutip

Ullaeli, S., Wati, L., Andayani, L., & Widayat, R. M. (2024). Eksplorasi Pengalaman Mahasiswa Magang Dalam Menulis Surat Perjalanan Dinas di DPMPD DUKCAPIL Provinsi NTB. Jurnal Pengabdian West Science, 3(06), 670–675. https://doi.org/10.58812/jpws.v3i06.1221