Sosialisasi Cyberbullying dan Berita Hoax pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Firdaus Desa Lasem Kabupaten Gresik

Penulis

  • Bella Trinanda Sanni Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Ni Made Berliana Deswita Rini Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Allendra Donny Irawan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Paulina April Romaito Pakpahan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.58812/jpws.v3i06.1217

Kata Kunci:

Perkembangan Dunia Digital, Cyberbullying, Hoax, Sosialisasi, Kesadaran Siswa

Abstrak

Perkembangan dunia digital tidak hanya membawa peluang, tetapi juga tantangan dan kekhawatiran. Salah satu kekhawatiran utama dari perkembangan digital yang ini adalah munculnya permasalahan hoax dan cyberbullying. Permasalahan ini menjadi fokus utama dalam kegiatan pengabdian ini. Pengabdian ini dilakukan dalam bentuk sosialisasi kepada siswa, khususnya siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Firdaus, terkait permasalahan hoax dan cyberbullying serta memberikan pemahaman mengenai kedua masalah tersebut. Kegiatan ini telah dilaksanakan dengan pemaparan materi tentang hoax dan cyberbullying, dilengkapi dengan sesi tanya jawab. Siswa menunjukkan antusiasme dan respon positif terhadap materi yang disampaikan. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan siswa tentang hoax dan cyberbullying sehingga mereka dapat terhindar dari dampak negatifnya.

Referensi

Anwar. (2018). Paradigma sosialisasi dan kontribusinya terhadap pengembangan jiwa beragama anak. Jurnal Al-Maiyyah, 11(1), 65–79.

Gumilar, G., Adiprasetio, J., & Maharani, N. (2017). Literasi media: Cerdas menggunakan media sosial dalam menanggulangi berita palsu (hoax) oleh siswa SMA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,1(1), 35–40.

Hinduja, S., & Patchin, J. W. (2007). Offline consequences of online victimization: School violence and delinquency. Journal of School Violence, 6(3), 89-112.

Soedarmo, U. R., & Suryana, A. (2019). Peran keluarga dalam sosialisasi adat istiadat komunitas Dusun Kuta. Jurnal Artefak, 6(2), 85–98.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-28

Cara Mengutip

Sanni, B. T., Deswita Rini, N. M. B., Irawan, A. D., & Romaito Pakpahan, P. A. (2024). Sosialisasi Cyberbullying dan Berita Hoax pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Firdaus Desa Lasem Kabupaten Gresik. Jurnal Pengabdian West Science, 3(06), 676–687. https://doi.org/10.58812/jpws.v3i06.1217