Peningkatan Inovasi Pembelajaran di RA Al-Hidayah melalui Sosialisasi Teknologi Gamifikasi Quizizz
DOI:
https://doi.org/10.58812/jpws.v3i06.1209Kata Kunci:
Pembelajaran, Gamifikasi, Teknologi, QuizizzAbstrak
Penggunaan teknologi dalam pendidikan anak usia dini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan motivasi siswa. Tulisan ini membahas pengenalan dan penerapan platform gamifikasi Quizizz di RA Al-Hidayah, Surabaya. Metode sosialisasi meliputi pemaparan materi, demonstrasi, dan tanya jawab. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi ini, yang berdampak positif pada interaksi dan motivasi belajar siswa. Inovasi ini mendukung pencapaian SDG 4 tentang pendidikan berkualitas.
Referensi
Anderson, J. (2020). The impact of technology on education: Transforming learning in the digital age. Education Press.
Abdillah, R., Kuncoro, A., Erlangga, F., & Ramdhan, V. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot! dan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Gamifikasi. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 2(01), 92–102. https://doi.org/10.47709/jpsk.v2i01.1363
Ariani, D., Prawiradilaga, D. S., & Fatharani, W. (2022). Inovasi gamifikasi pada pembelajaran matakuliah pengembangan media sederhana. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 5(1), 41-48. https://doi.org/10.21009/jpi.051.05
Basyith, A., & Fauzi, F. (2022). Pelatihan Evaluasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Gamifikasi Menggunaan Quizizz Pada Bimbingan Belajar Al Hikmah Palembang. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 3(1), 24–34. https://doi.org/10.47747/jnpm.v3i1.928
Dewanti, R., & Fajriwati, A. (2020). Metode demonstrasi dalam peningkatan pembelajaran fiqih. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 88-98.
Goa, L. (2017). Perubahan sosial dalam kehidupan bermasyarakat. SAPA: Jurnal Kateketik dan Pastoral, 2(2), 53-67. https://doi.org/10.53544/sapa.v2i2.40
Juita, M. J. M., Maranatha, J. R., Fitriani, A. N., Maspupah, N., & Alfaini, S. D. (2023). PELATIHAN PEMANFAATAN APLIKASI QUIZIZZ BAGI GURU-GURU TK MENTARI PURWAKARTA. Sarwahita, 20(02), 118-130.
Juliangkary, E., & Pujilestari, P. (2022). Kajian literatur metode tanya jawab pada pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2571-2575. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3839
Natalia, A., & Maulidya, E. N. (2023). Aktualisasi empat pilar Sustainable Development Goals (SDGs) di perdesaan Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 8(1), 21-41. https://doi.org/10.14710/jiip.v8i1.16513
Wirabumi, R. (2020). Metode pembelajaran ceramah. Annual Conference on Islamic Educational Thought, 1(1), 105-113. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660/569
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Muhammad Maulana Kharyska Abadi, Muhammad Nail Hadi, Robby Alamsyah Satriya Putra, Dhimas Ardhi Maulana Saputra
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.