Edukasi Terkait Penerapan Spatial Computing dalam Layanan Kesehatan
DOI:
https://doi.org/10.58812/jpws.v3i04.1077Kata Kunci:
Spatial Computing, Metaverse, Virtual Reality, KesehatanAbstrak
Pada beberapa dekade terakhir, teknologi informasi mulai diterapkan dalam layanan kesehatan salah satunya adalah spatial computing seperti virtual reality, augmented reality, metaverse, dan sebagainya. Edukasi terkait penerapan teknologi tersebut perlu dilakukan kepada akademisi maupun praktisi kesehatan yang tertarik untuk mengkaji dan mengembangkan lebih lanjut pemanfaatan spatial computing dalam layanan kesehatan. Pelaksanaan sosialisasi dan edukasi telah dilakukan secara daring melalui GoogleMeet dengan respon yang cukup baik dari peserta. Meskipun peluang penerapan dan pengembangan spatial computing dalam layanan kesehatan di Indonesia cukup besar, tetapi diperlukan dukungan infrastruktur, sumber daya, anggaran, dan regulasi yang memadai.
Referensi
Balakrishnan, S., Hameed, M. S. S., Venkatesan, K., & Aswin, G. (2021, March). Interaction of Spatial Computing in Augmented Reality. In 2021 7th International Conference on Advanced Computing and Communication Systems (ICACCS) (Vol. 1, pp. 1900-1904). IEEE.
Bell, I. H., Nicholas, J., Alvarez-Jimenez, M., Thompson, A., & Valmaggia, L. (2020). Virtual reality as a clinical tool in mental health research and practice. Dialogues in clinical neuroscience, 22(2), 169-177.
Gupta, A., Scott, K., & Dukewich, M. (2018). Innovative technology using virtual reality in the treatment of pain: does it reduce pain via distraction, or is there more to it?. Pain Medicine, 19(1), 151-159.
Indarta, Y., Ambiyar, A., Samala, A. D., & Watrianthos, R. (2022). Metaverse: Tantangan dan peluang dalam pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3351-3363.
Khanal, S., Medasetti, U. S., Mashal, M., Savage, B., & Khadka, R. (2022). Virtual and augmented reality in the disaster management technology: a literature review of the past 11 years. Frontiers in Virtual Reality, 3, 30.
Mack H. Pilot study shows VR googles reduce fear, pain in children during vaccination. Mobile Health News. 2017 Jan 25. Available from: www.mobihealthnews.com/content/pilot-study-shows-vr-goggles-reduce-fear-pain-children-during-vaccination
Mantovani, F., Castelnuovo, G., Gaggioli, A., & Riva, G. (2003). Virtual reality training for health-care professionals. CyberPsychology & Behavior, 6(4), 389-395
ORAU. Improving adult vaccine communication, education with virtual reality. 2018. Available from: www.orau.org
Sveistrup, H. (2004). Motor rehabilitation using virtual reality. Journal of neuroengineering and rehabilitation, 1, 1-8.
Yuliana, Y. (2021). The Roles of Virtual Reality and Augmented Reality During The COVID-19 Pandemic. Justek: Jurnal Sains dan Teknologi, 4(2), 29-39.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Penggalih Mahardika Herlambang, Muhammad Junaedi, Rani Tiyas Budiyanti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.