Pelatihan Didaktif Metodik Guru PAI di MGMP PAI SMA/SMK Se-Kota Sukabumi

Penulis

  • Cecep Hilman Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sukabumi
  • Jimatul Arrobi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sukabumi
  • Meri Silvia Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sukabumi
  • Khoirunnisa Nurfadilah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sukabumi
  • Fatimah Nurjariah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.58812/jpws.v2i12.1070

Kata Kunci:

Didaktif Metodik, Guru PAI

Abstrak

Penelitian ini berkenaan dengan Pelatihan Didaktik Metodik Guru PAI di MGMP PAI SMA/SMK se-Kota Sukabumi. Adapun tujuan penelitian tidak lain adalah ingin mengetahui penerapan Asas-Asas Didaktik Dan Metodik Menumbuhkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam baik itu mengenai penerapanya maupun hasil yang didapatkan dengan menggunakan metode ini. Adapun permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan Asas-Asas Didaktik Dan Metodik Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMA/SMK se_kota Sukabumi?(2) Apa saja faktor Penghambat dan bagaimana cara penanggulangan Penerapan Asas-Asas Didaktik Dan Metodik Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMA/SMK se_kota Sukabumi?.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang proses penerapan dan faktor penghambat pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan asas-asas didaktif dan metodik di SMA/SMK se_kota Sukabumi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan studi deskriptif. Tehnik pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi sehingga penulis secara langsung melihat dan mengamati tahap demi tahap serta melihat pelaksanaan dari penerapan Asas-Asas Didaktik Dan Metodik yang penulis ingin ketahui infomasinya.Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Asas-Asas Didaktik dan Metodik Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam di SMA/SMK se_kota Sukabumi yaitu asas-asas didaktik dan metodik sangat berperan aktif terutama dalam hal proses pembelajaran, dimana guru pendidikan agama Islam sangat kesulitan dalam membawakan materi pelajaran tanpa menggunakan metode yang baik, sehingga apa yang disampaikan oleh gurunya sulit dipahami dan dimengerti apa yang disampaikan. Salah satu bentuk materi pengajaran yang di praktekan secara langsung oleh guru-guru SMA/SMK se_kota Sukabumi berdasarkan teori-teori dalam ilmu asas-asas didaktik dan metodik yang berkaitan dengan minat dan perhatian siswa yaitu praktek sholat dimana siswa langsung dibawa ke mushollah guna diperlihatkan praktek langsung yang dicontohkan oleh gurunya.

Referensi

Arrobi, J. (2023). Ilmu Pendidikan. Global Eksekutif Teknologi.

Daradjat, Z. (2014). Metodik Khusus Pengaaran Islam. Bumi Aksara: Jakarta.

Darajat, Z. (1996). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

lamasido, K. (1989). penerapan asas-asas didaktik dalam pendidikan islam pada madrasah aliyah negeri toil-toli filial palu. jurusan pendidikan agama fakultas tarbiyah iain alaudin di palu.

Mursal, H.M. A., & dkk, T. (1997). Kamus Ilmu Jiwa Dan Pendidikan (Cet 1 ed.). Bandung: Al Ma’rif,.

Nasutin, S. (1995). Didaktif Asas-asas Mengajar (1st ed.). Jakarta: bumi aksara.

Nasution, S. (2010). Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: bumi aksara.

Sahertian, P. A., & Alaeda, I. (1992). supervise pendidikan dalam rangka program intervice education. Jakarta: Rineka cipta.

Sisdiknas, U. (2003). sistem pendidikan nasional;.

Soewondo, S. (1989). Didaktik I Umum (Cet 7 ed.). Ujung Pandang.

Suderajat, H. (2004). Implementasi guru berbasis kompetensi. Bandung:CF cipta grafika.

Team Didaktik Metodik Kurikulum IKIP Surabaya. (1976). Pengantar Didaktik Metodik Kurikulum Pbm. CV. Rajawali Jakarta: Surabaya.

Yusuf, T. (1995). Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-28

Cara Mengutip

Hilman, C., Arrobi, J., Silvia, M., Nurfadilah, K., & Nurjariah, F. (2023). Pelatihan Didaktif Metodik Guru PAI di MGMP PAI SMA/SMK Se-Kota Sukabumi. Jurnal Pengabdian West Science, 2(12), 1286–1294. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i12.1070