Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Sekolah Berkualitas di SMA Negeri 5 Palembang

Penulis

  • Taufik Taufik SMAN Negeri 5 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.58812/jpdws.v2i01.974

Kata Kunci:

Kepemimpinan Kepala Sekolah, Sekolah Berkualitas, SMA Palembang

Abstrak

Berisi tentang isu dan fokus pengabdian, tujuan berkualitas. Kepala sekolah yang efektif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, mengembangkan sumber daya manusia, dan meningkatkan partisipasi stakeholder. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun sekolah berkualitas di SMA Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dalam membangun sekolah berkualitas di SMA Palembang yaitu: Kepemimpinan yang visioner, Kepemimpinan yang transformasional, Kepemimpinan yang kolaboratif. Kepala sekolah bekerja sama dengan seluruh komponen sekolah. Kepala sekolah memiliki keterampilan membangun kerja sama dan menyelesaikan konflik. Penelitian ini memberikan implikasi bagi kepala sekolah, pemerintah, dan masyarakat. Kepala sekolah perlu meningkatkan kompetensi kepemimpinannya agar dapat membangun sekolah berkualitas. Pemerintah perlu memberikan dukungan kepada kepala sekolah, seperti pelatihan dan pengembangan kepemimpinan. Masyarakat perlu memberikan dukungan kepada kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya.

Referensi

Arifin, M. I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Danim, Sudarwan. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Manajemen Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara

Mulyasa, E. (2016). Menjadi Kepala Sekolah Profesional: Mengelola Sekolah Berbasis Budaya Mutu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional: Mengelola Sekolah Berbasis MBS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Subagya, I. W. (2007). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Teori, Praktik, dan Pengembangannya. Jakarta: Depdiknas.

Thoha, M. Chabib. (2010). Kepemimpinan Dalam Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

University of Arkansas, for the Proceedings of the Materials Research Society Symposiums. Journal of Interlibrary Loan, Document Delivery, & Electronic Reserve, 19(1), 47-56. doi:10.1080/10723030802533853

Wahjosumidjo, H. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Radja Grafindo Persada.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-31

Cara Mengutip

Taufik, T. (2024). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Sekolah Berkualitas di SMA Negeri 5 Palembang. Jurnal Pendidikan West Science, 2(01), 51–55. https://doi.org/10.58812/jpdws.v2i01.974