Penggunaan Media Audiovisual Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Arab di Tingkat Sekolah Dasar

Penulis

  • Wilda Surya Fajriyani Universitas Al-Azhar Indonesia
  • Faisal Hendra Al-Qur’an Al-Karim University, Khartoum, Sudan

DOI:

https://doi.org/10.58812/jpdws.v2i02.961

Kata Kunci:

Audio, Visual, Media Audiovisual, Bahasa Arab, Hasil Belajar

Abstrak

Pelajaran bahasa Arab di sekolah memiliki peran penting guna meningkatkan ilmu pengetahuan berbahasa asing dalam empat kemahiran berbahasa, yaitu kemahiran berbicara, menulis, mendengar, dan membaca. Seorang guru berperan penting dalam pembelajaran supaya meningkatkan hasil belajar siswa. Hal yang memengaruhi terwujudnya tujuan pembelajaran yaitu dengan penggunaan media belajar audiovisual. Media audiovisual merupakan alat yang terdapat pesan auditif dan visualitatif. Penggunaan media ini di sekolah dasar cocok diterapkan di sekolah dasar karena pembelajaran dengan melihat gambar dan suara mampu menciptakan proses pembelajaran yang menarik siswa dalam menyerap materi pelajaran. Jenis penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif yang merupakan studi kepustakaan. Sehingga, didapatkan hasil untuk mendapatkan suasana menyenangkan dalam pembelajaran, media audiovisual bermanfaat khususnya pada film dan video berguna untuk meningkatkan capaian belajar murid dan hal ini sangat tepat dalam mengurangi rasa bosan saat belajar.

Referensi

Hanifah Salsabila, U. d. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Insania, Vol.25, No.2.

Hidayat, N. S. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pemikiran Islam; Vol.37,No.1, 1-2. Hidayat,

N. S. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pemikiran Islam; Vol.37, No.1, 3.

Salsabila, U. H. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Insania, Vol.25, No.2.

Siti Aida, A. S. (2018). Meningkatkan Keterampilan Membaca Awal Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik dengan Menggunakan Media Audiovisual. Jurnal Ilmiah Potensia,Vol.3 (2).

Wahyu B.S, N. (2018). Penggunaan Metode Demontrasi dan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendas Mahakam. Vol 3 (2).

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-07

Cara Mengutip

Fajriyani, W. S., & Hendra, F. (2024). Penggunaan Media Audiovisual Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Arab di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan West Science, 2(02), 56–61. https://doi.org/10.58812/jpdws.v2i02.961