E-learning Content Berbasis Podcast Sebagai Sarana Penguatan pada Materi Keterbaruan Penelitian (Novelty)
DOI:
https://doi.org/10.58812/jpdws.v2i01.938Kata Kunci:
E-Learning Content, Podcast, Sarana, Materi Keterbaruan Penelitian (Novelty)Abstrak
Penelitian ini mengeksplorasi pengembangan E-learning Content berbasis podcast untuk memperkuat pemahaman keterbaruan penelitian. Dilatarbelakangi oleh fakta bahwa sebagian besar penelitian cenderung menjadi repetitif dan kurang bermanfaat, terutama karena kurangnya pemahaman terhadap keterbaruan penelitian. Tujuannya adalah meningkatkan pemahaman terhadap keterbaruan penelitian melalui pengembangan konten pembelajaran berbasis media audio-visual. Metode penelitian yang digunakan adalah research & development (R&D) mengikuti model 4D yang dimodifikasi. E-learning Content berupa podcast dipilih sebagai media pembelajaran utama karena keleluasaan akses dan fleksibilitasnya. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa, khususnya generasi Z, terhadap keterbaruan penelitian. Kesimpulannya, penggunaan E-learning Content berbasis podcast dapat menjadi alternatif efektif dalam mendukung pemahaman materi keterbaruan penelitian.
Referensi
Amali, L. N., Kadir, N. T., & Latief, M. (2019). Development of e-learning content with H5P and iSpring features. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012019
Astuti, P., & Febrian, F. (2019). Blended Learning: Studi Efektivitas Pengembangan Konten E-Learning Di Perguruan Tinggi. Jurnal Tatsqif, 17(1), 104–119. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.972
Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori Dan Praktik Plambing Di Program Studi S1 Pvkb Unj. Jurnal PenSil, 7(2), 95–104. https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.6
Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.
Hernawati, E., & Aji, P. (2016). Perancangan dan penerapan konten e-learning melalui learning management system dalam meningkatkan motivasi belajar. Journal of Information System Engineering and Business Inteligence, 2(1), 23–32.
Hidayati, A. S., Adi, E. P., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kela IV di SDN Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 1(1), 45–50.
Irawan, R. (2022). KONSEP MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN (N. Istiqomah, E. Setiawan, & A. Y. Efendi (eds.); Pertama). CV. EUREKA MEDIA AKSARA.
Isjoni, I., Bunari, B., & Yuliantoro, Y. (2021). Pelatihan penulisan artikel ilmiah pada jurnal nasional bagi guru SMA sederajat di kabupaten rokan hilir provinsi riau. Jurnal Pengabdian …. http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jpu/article/view/4159
Jamal, S. (2020). Analisis Kesiapan Pembelajaran E-Learning saat Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Tambelangan. Jurnal Nalar Pendidikan, 8(1), 16–22.
Jemadu, L., & Prastya, D. (2022). Fitur Video Podcast Spotify Sudah Bisa Dicoba di Indonesia, Ini Caranya. Suara.Com. https://www.suara.com/tekno/2022/07/14/201013/fitur-video-podcast-spotify-sudah-bisa-dicoba-di-indonesia-ini-caranya
Kaewkiriya, T. (2013). Design and Develop of En E-Learning Content Based on Multimedia Game. International Journal of Software Engineering & Applications, 4(6), 61–69. https://doi.org/10.5121/ijsea.2013.4606
Kurniati, D., & Jailani, M. S. (2023). Kajian Literatur : Referensi Kunci , State Of Art , Keterbaruan Penelitian ( Novelty ). QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1, 1–6.
Mardiah, S., & Rinaldi, A. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Menggunakan Metode Inkuiri. 1(2), 119–126.
Noor, M. (2021). Novelty/Kebaruan Dalam Karya Tulis Ilmiah Skripsi/Tesis/Disertasi. MIMBAR ADMINISTRASI FISIP UNTAG Semarang, 18(1), 14. https://doi.org/10.56444/mia.v18i1.2164
Novitasari, N. F. (2019). Pelatihan penulisan artikel ilmiah: Menuju guru berkualitas. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (JPPM). http://repository.unars.ac.id/id/eprint/244/
Prastiyo, W., Djohar, A., & Purnawan, P. (2018). Development of Youtube integrated google classroom based e-learning media for the light-weight vehicle engineering vocational high school. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(1), 53. https://doi.org/10.21831/jpv.v8i1.17356
Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32
Rabiah, S. (2018). Penggunaan Metode Research and Development dalam Penelitian Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. April 2015, 1–7. https://doi.org/10.31227/osf.io/bzfsj
Silalahi, A. (2018). Development Research (Penelitian Pengembangan) dan Research & Development (Penelitian & Pengembangan) Dalam Bidang Pendidikan/Pembelajaran. Research Gate, July, 1–13. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.13429.88803/1
Solimun, Armanu, & Fernandes, A. A. R. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif Perspektif Sistem : Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian (Pertama). UB Press.
Syahputra, W. F., & Novrianti. (2022). Pengembangan Podcast Sebagai Media Pembelajaran Siswa SMA pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal Literasi Digital, 2(1), 36–45. https://doi.org/10.30605/jld.2.1.2022.113
Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262
Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. (D. G. Semmel & M. I. Semmel (eds.)). ERIC.
Ulfa, S. M., Aisyah, R. N., & ... (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Bagi Guru. Reswara: Jurnal …. http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/article/view/1439
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Arya Hayat Bimantara, R. Eka Murtinugraha, Riyan Arthur
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.