Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Materi Loader dan Truk Pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta

Penulis

  • Muhammad Riefaldi Universitas Negeri Jakarta
  • Santoso Sri Handoyo Universitas Negeri Jakarta
  • Riyan Arthur Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.58812/jpdws.v2i01.907

Kata Kunci:

Aplikasi Canva, Media Pembelajaran, R&D (Research & Development), Model 4D

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran materi loader dan truk kepada mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta yang berlokasi di Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur. Waktu pelaksanaan penelitian ini akan dilaksanakan pada pertengahan tahun 2023/2024. Metode penelitian berikut ini menggunakan metode R&D (Research & Development) dengan model pengembangan 4D (define, design, development, disseminate). Dengan menggunakan validasi dari ahli media dan ahli materi, Kesimpulan yang didapatkan pada penelitian berikut ini, pemanfaatan aplikasi canva untuk kegiatan pembelajaran dinyatakan sangat layak, karena mendapatkan yang sangat layak yang terdiri dari validasi ahli media sebesar 83,1%, kemudian validasi ahli materi sebesar 82,2% dan dari penilaian pengguna sebesar 86,8%.

Referensi

Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75–84.

Astuti, S. P. (2021). Pemanfaatan canva design sebagai media pembelajaran mata kuliah fisika listrik statis. Navigation Physics : Journal of Physics Education, 3(1), 8–15.

Fitri, F., & Ardipal, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6330–6338.

Isnaini, S. N., Firman, & Desyandri. (2023). PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN Universitas Negeri Padang Sesuai dengan perkembangan belajar yang tepat guna membantu siswa belajar dan dapat menggugah minatnya untuk belajar lebih lanjut . Minat belajar adalah zaman , seorang guru. Penggunaan Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar, 7(1).

Klego, K., & Boyolali, K. (2022). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan memahami materi peralatan ringan dan berat pekerjaan konstruksi siswa kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Klego tahun pelajaran 2021 / 2022. 15.

Maulida, S., Mansur, H., & Lambung Mangkurat, U. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Journal of Instructional Technology J-INSTECH, 1(1), 20–28.

Mila, N., Nuralamsyah, Alisyahbana, A. N. Q., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN 2021, “Penelitian Dan Pengabdian Inovatif Pada Masa Pandemi Covid-19", 181–188.

Mubarok, A. A., Arthur, R., & Handoyo, S. S. (2018). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN E-LEARNING MATA KULIAH PTM/JALAN RAYA PENDIDIKAN VOKASIONAL KONSTRUKSI BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 7(2), 35–42.

Muthohir, M. (2019). Perancangan Media Promosi Produk Unggulan UKM Kendal Berbasis Web dengan Metode R&D. Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 12(2), 13–20.

Nurdianawati, A., Widya Wardani, W. G., & Amzy, N. (2023). Kajian Elemen Desain Video Ruangguru Berat Boneka Matematika SD Sebagai Visualisasi Pembelajaran. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni Dan Budaya, 5(3), 425–435.

Pradana, F. A. P., & Mawardi, M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Disiplin Menggunakan Skala Likert dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Fondatia, 5(1), 13–29.

Purba, Y. A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325–1334.

Rohman, P. N., Na’im, M., & Sumardi, S. (2021). Pengembangan media berbasis prezi pada mata pelajaran sejarah kelas X SMA dengan model 4d. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 1–9.

Suharto, A., Subariah, R., & Farizy, S. (2022). Pelatihan Dan Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Desain Grafis Pada Siswa Smk Saradan Tajur Halang Bogor. Jurnal Abdimas Indonesia, 2(3), 338–342.

Sumartiwi, N. M., & Ujianti, P. R. (2022). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Keliling dan Luas Lingkaran. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 220–230.

Widiyono, A. (2021). Penerapan Aplikasi Kinemaster dalam Pembelajaran IPA melalui LMS pada Mahasiswa Prodi PGSD. Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 3, 12–21.

Zulhandayani, F., Rezeki, K. S., & Lubis, M. J. (2022). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Penyampaian Informasi Bagi Kepemimpinan Sekolah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 148–154.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-29

Cara Mengutip

Riefaldi, M., Handoyo, S. S., & Arthur, R. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Materi Loader dan Truk Pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan West Science, 2(01), 16–24. https://doi.org/10.58812/jpdws.v2i01.907