Implementasi Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Melalui Analisis Kebutuhan Diklat Guna Terciptanya Reformasi Birokrasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Unggul di Direktorat Jenderal Minyak Dan Gas Bumi

Penulis

  • Sheren Arifathyani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i12.840

Kata Kunci:

Implementasi Kebijakan, Pengembangan Kompetensi, Analisis Kebutuhan Diklat, Sumber Daya Manusia

Abstrak

Pentingnya peran SDM bagi keberhasilan organisasi dan sesuai dengan Visi dan Misi Presiden untuk Pembangunan SDM yang unggul dan Profesional maka dari itu diperlukan adanya diklat sebagai upaya dalam mengembangkan kompetensi ASN dalam memenuhi tuntutan di lingkungannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi dalam mengimplementasikan kebijakan terkait pelaksanaan diklat yang juga dilakukan dengan adanya analisis kebutuhan diklat. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah agar dapat mengetahui bagaimana implementasi kebijakan pengembangan kompetensi ASN yang ada di Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM melalui adanya analisis kebutuhan diklat sebagai wujud dari reformasi birokrasi dan terciptanya SDM yang Unggul. Peneliti memakai desain penelitian deskriptif kualitatif untuk mendalami tingkat Analisis Data Sekunder Implementasi Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara melalui Analisis Kebutuhan Diklat guna terciptanya Reformasi Birokrasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Unggul Di Direktorat Jenderal Minyak Dan Gas Bumi.  Peneliti berusaha mendapatkan gambaran dari keadaan yang berlangsung secara konkrit sehingga dapat memperoleh data yang akurat untuk menganalisa fenomena yang diamati. Secara keseluruhan implementasi kebijakan pengembangan kompetensi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Minyak dan Gas melalui Analisis Kebutuhan Diklat ini telah berupaya untuk menghasilkan ASN yang berintegritas, kompeten, profesional, serta berkinerja tinggi sesuai dengan reformasi birokrasi di bidang SDM Aparatur.

Referensi

Armstrong, Michael. (1988). A Handbook of Human Resource Management. London : Kogan page.

Barbazette, Jean. (2006). Training Need Assessment. USA: Pfeiffer

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia ESDM. (2020). Konsep Dasar Analisis Kebutuhan Diklat. Jakarta : Author.

Dessler, Gary. (2003). Human Resource Management. 10th Edition. New Jersey : Prentice Hall

Direktorat Jenderal Migas. (n.d). Analisis Kebutuhan Diklat. Jakarta : Author.

Direktorat Jenderal Migas. (n.d). Analisis Kebutuhan Diklat Bagi Pengelola Penyelenggaraan Diklat. Jakarta : Author.

Direktorat Jenderal Migas. (2017). Draft Analisis Kebutuhan Diklat 2017. Jakarta : Author.

Direktorat Jenderal Migas. (2019). Identifikasi Kebutuhan Pendidikan dan Pelatihan. Jakarta : Author.

Esdm.go.id. (2020). Tingkatkan Kompetensi dan Wawasan,m Ditjen Migas Selenggarakan Diklat Leadership. 3 Juli 2020. https://www.esdm.go.id/id/berita-unit/direktorat-jenderal-minyak-dan-gas-bumi/tingkatkan-kompetensi-dan-wawasan-ditjen-migas-selenggarakan-diklat-leadership

Grindle, Merilee S. (1980). Politics and Poicy Implementation in The Third World. New Jersey : Princeton University Press.

Ilona, Vetty. (2018). Analisis Kebutuhan Diklat di Pemerintahan. Civil Service Vol. 12, No.1, pp 23 – 31.

Lan.go.id. (2016). Kompetensi ASN Masih Hadapi Sejumlah Permasalahan. 3 Juli 2020. http://lan.go.id/id/berita-lan/kompetensi-asn-masih-hadapi-sejumlah-permasalahan.

Lan.go.id. (2019). Setiap PNS Berhak Dapat Pengembangan Kompetensi. 3 Juli 2020. http://lan.go.id/id/2016-01-05-13-26-55/berita/setiap-pns-berhak-dapat-pengembangan-kompetensi

Mondy, R. Wayne & Mondy, Judy Bandy. (2014). Human Resource Management. 13th Edition. New York : Pearson.

Noe, R. A. (2010). Employee Training and Development. New York: McGraw- Hill/Irwin.

Ngindana, Rispa & Hermawan, Romy. (2019). Analisis Kebutuhan Diklat Pegawai Negeri Sipil Berbasis Kesenjangan Kerja Unit Kerja di Lingkungan Pemerintah. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik, Vol 1, No. 1, pp 1-11.

Prasojo, Eko. (2014). Undang-Undang Aparatur Sipil Negara : Membangun Profesionalisme Aparatur Sipil Negara. Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS, Vol. 8, No. 1.

Ripley, Rendal B & Franklin, Grace A. (1986). Policy Implementation and Bureaucracy. Chicago : Dorsey Press.

Setiadiputra, Raden Y P. (2017). Urgensi Program Pengembangan Kompetensi SDM Secara Berkesinambungan di Lingkungan Instansi Pemerintah. Jurnal SAWALA Vol 5, No 1, pp 16-22.

Sugiharto, Gatot. (2011). Reformasi Birokrasi Menuju Pemerintahan Kelas Dunia Tahun 2025. Jurnal Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Edisi I, Tahun I.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-28

Cara Mengutip

Arifathyani, S. (2023). Implementasi Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Melalui Analisis Kebutuhan Diklat Guna Terciptanya Reformasi Birokrasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Unggul di Direktorat Jenderal Minyak Dan Gas Bumi. Jurnal Pendidikan West Science, 1(12), 789–800. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i12.840