Analisis Stilistika Pada Lirik Lagu “Asmalibrasi” Soegi Bornean

Penulis

  • Danindra Syifa Aulia Fitriani UPN Veteran Jawa Timur
  • Aryanto Datu Linggi UPN Veteran Jawa Timur
  • Devi Masyita UPN Veteran Jawa Timur
  • Adine Ratri Sekar Tandjung UPN Veteran Jawa Timur
  • Adzansyah Dewangga UPN Veteran Jawa Timur
  • Eni Nurhayati UPN Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i12.830

Kata Kunci:

Gaya Bahasa, Lirik Lagu, Stilistika

Abstrak

Bahasa tidak hanya berfungsi sebagai cara untuk berkomunikasi, tetapi juga sebagai alat untuk menyampaikan pendapat dan argumen. Oleh karena itu, bahasa memainkan peran sosial penting dalam komunikasi masyarakat. Meskipun bahasa bukan satu-satunya alat komunikasi, bahasa tetap sederhana dan mudah dipahami dalam kehidupan bermasyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan gaya bahasa dalam lirik lagu “Asmalibrasi”. Penelitian ini dilakukan menggunakan metodologi pendekatan kualitatif deskriptif. Pendekatan ini yaitu dilakukan dengan memposisikan penelitisebagai  instrumen  kunci  untuk  menelaah  kondisi  objek  yang  alamiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Setiap bait yang terkandung dalam lirik lagu menggunakan gaya bahasa yang beragam, masing masing baitnya mempunyai karakteristik tersendiri sesuai dengan gaya bahasa yang digunakan. Penelitian ini dapat dikembangkan dan bermanfaat bagi para pembaca yang tertarik dalam penggunaan gaya bahasa. Ini akan meningkatkan pemahaman kita tentang bagaimana beragamnya gaya bahasa yang berkembang di Indonesia.

Referensi

Al Putri, A., Astri, N. D., Simanullang, R. S. P., & Tanjung, T. (2020). Analisis gaya bahasa dalam lirik lagu Fourtwnty: Kajian stilistika. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 10(2), 110-118.

Avifah, D. P., & Nurhayati, E. (2022). Analisis Ungkapan Idiomatik pada Buku Siswa Kelas II Tema 1 Sub Tema 1. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 2506-2518

Ernawati, I. A., Brawijaya, K. S., Aini, F., & Nurhayati, E. (2023). PERKEMBANGAN RAGAM BAHASA DALAM KOMUNIKASI MAHASISWA DI LINGKUNGAN KAMPUS UPN “VETERAN” JAWA TIMUR. Jurnal Pengabdian West Science, 2(06), 406-420.

Idawati, & Fatimatuzzahra, (2023). Analisis Manfaat Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1265-1274

Rahadiansyah, R. M. G. (2015). ANALISIS MAJAS SIMILE DALAM NASKAH DRAMA KARYA WILLIAM SHAKESPEARE: KAJIAN SINTAKTIS DAN SEMANTIS (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama).

Rahmatilah, R. (2023). Majas Gaya Bahasa pada Lirik Lagu “Asmalibrasi”: Analisis Gaya Bahasa dan Stilistika. Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa, 1(1), 11-18.

Ramadhani, D. F., & Restian, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas V UPT Satuan Pendidikan SDN Sentul 3 Kota Blitar Melalui Model Problem Based Learning Pada Kurikulum Merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1129-1140

Sherlynda, H., Kholifah, N., Tazkiyah, R. R. A., Ana, S. F. A. F., Tertia, S. R., & Nurhayati, E. (2023). Eksistensi Penggunaan Bahasa Indonesia di Kalangan Gen Z di Kota Surabaya. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(11), 943-961.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-28

Cara Mengutip

Aulia Fitriani, D. S., Linggi, A. D., Masyita, D., Sekar Tandjung, A. R., Dewangga, A., & Nurhayati, E. (2023). Analisis Stilistika Pada Lirik Lagu “Asmalibrasi” Soegi Bornean. Jurnal Pendidikan West Science, 1(12), 768–774. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i12.830