Pelaksanaan Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Dalam Mewujudkan Keluarga Sejahtera Di Kelurahan Pajang Kota Tangerang

Penulis

  • Zakky Ansori Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sadam Hidayatullah Al-Amyan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Andini Hania Pratiwi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nyi Mas Melati Juniar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i12.808

Kata Kunci:

Program, Peningkatan, Peranan, Wanita, Sejahtera

Abstrak

Kemiskinan salah satu permasalahan yang sering dijumpai di berbagai negara, terutama negara berkembang di antaranya Indonesia. Kemiskinan merupakan suatu kondisi ketidakmampuan seseorang dalam memenuhi hak-hak dasarnya untuk mempertahankan dan mengembangkan kehidupan yang bermartabat. Banyak upaya yang sudah dilakukan oleh pemerintah dalam memberantas kemiskinan, salah satunya yakni melalui pembangunan nasional. Dalam pembangunan nasional tersebut terdapat program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS), adanya program ini sebagai upaya pemerintah mengentaskan kemiskinan pada tingkat desa atau kelurahan dengan cara menaikkan peranan sosok perempuan terhadap pembangunan sehingga dapat mewujudkan keluarga berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan Program P2WKSS yang berlokasi di Kelurahan Pajang, Kecamatan Benda, Kota Tangerang. Metode dalam penelitian ini tentu menerapkan pendekatan dalam deskriptif kualitatif, karena penelitian ini dilakukan dengan mengutarakan sebuah permasalahan dari segi kualitas, dengan didukung oleh persepsi dari masyarakat. Hasil di lapangan ditemukan Pelatihan olahan pangan ini dapat dikatakan berhasil, karena peserta pelatihan atau kelompok pelatihan sudah mempraktikkannya diluar waktu pelatihan serta sudah memasarkan produk-produk yang dihasilkan dari pelatihan tersebut yang bentuk nya makanan dan minuman. Sehingga kelompok pelatihan yang mempraktikkan ulang tersebut merasa terbantu dan sudah mendapatkan pendapatan lain selain bekerja atau sebagai ibu rumah tangga.

Referensi

Agustino, Leo. 2017. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Friyanto, T. (2013). Kajian Tingkat Kesejahteraan Keluarga Pedagang Di Obyek Wisata Desa Winduaji Kecamatan Paguyangan. (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Huda, M. F. (2021). Implementasi penanganan perkara perdata secara e-litigasi pada Pengadilan Negeri Bangil tinjauan teori implementasi kebijakan George C Edward III (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Ilham, A. R., & Andri, S. (2020). Evaluasi Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Dan Sejahtera (P2Wkss). Jurnal Kebijakan Publik, 11(2), 89-96

Lestari, A. Y., Humaedi, S., & Rusyidi, B. (2019). Partisipasi Perempuan Dalam Program Terpadu Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Dan Sejahtera (P2Wkss) Di Rw 12 Kelurahan Pasirkaliki Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi. Share: Social Work Journal, 9(1), 49-59.

Noer, K. U. (2021). Pemberdayaan perempuan kepala keluarga miskin melalui program P2WKSS di Kota Bekasi. Community Empowerment, 6(5), 864-876.

Utama, Agung & Handayani, Titin Hera Widi. (2014). Model Pemberdayaan Perempuan Miskin Melalui Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal Di Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten, 19, 154–167.

Purwanto, Erwan Agus dan Sulistyastuti, Dyah Ratih. 2015. Implementasi Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-28

Cara Mengutip

Ansori, Z., Al-Amyan, S. H., Pratiwi, A. H., & Juniar, N. M. M. (2023). Pelaksanaan Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Dalam Mewujudkan Keluarga Sejahtera Di Kelurahan Pajang Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan West Science, 1(12), 713–720. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i12.808