Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKn (Quasi Eksperimen Kelas XI di SMAN 1 Pagaden)

Penulis

  • Widhy Nur Oktaviyasari Universitas Pasundan
  • Asep Deni Normansyah Universitas Pasundan
  • Lili Sukarliana Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.487

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning, PPKn

Abstrak

Aktivitas pendidikan PPKn di sekolah cenderung monoton serta kurang diminati peserta didik, penyebab nya yaitu pada proses pendidikan dimana peserta didik hanya diberikan tugas menghafal, mengingat serta mengumpulkan data tanpa dituntut menguasai apa yang didapatnya sehingga berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Sebagai pendidik harus mampu menciptakan strategi baru untuk digunakan dalam proses pendidikan dimana seluruh peserta didik dilibatkan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn kelas XI di SMAN 1 Pagaden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen dan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 4 sebagai kelas control dengan total sebanyak 72 sampel. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui Pretest, Posttest serta kuesioner yang selanjutnya dianalisis melalui uji normalitas, homogenitas, hipotesis dan uji T. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata Posttest kelas Eksperimen sebesar 81.87. Sedangkan kelas kontrol memperoleh hasil 77.73 dengan tarif signifikan < 0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan (adanya pengaruh) antara rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas control. Lalu pada Tabel 4.27 jumlah responden sebanyak 23% menjawab sangat setuju, 67% menjawab setuju, 10% menjawab tidak setuju, dan 0% menjawab sangat tidak setuju. Maka dari itu, dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn.

Biografi Penulis

Widhy Nur Oktaviyasari, Universitas Pasundan

 

 

Asep Deni Normansyah, Universitas Pasundan

 

 

Lili Sukarliana, Universitas Pasundan

 

 

Referensi

Ahmadiyanto. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. https://repository.uin-suska.ac.id/5152/3/BAB II.pdf

Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media.

Muhtadi, M. A. (2023). Pembelajaran Berbasis Outdoor Education sebagai Upaya Peningkatan Minat dan Motivasi Belajar Siswa SD di Kota Sukabumi. Jurnal Pendidikan West Science, 1(4), 274–280.

Rizal, M. P., & Dkk. (2022). Penelitian Tindak Kelas. Sukoharjo: Pradina Pustaka.

Ruhiat, A. (2014). Model Pembelajaran Efektif Bagi Guru Kreatif. Gaza Publishing.

Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Ghalia Indonesia

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-31

Cara Mengutip

Oktaviyasari, W. N., Normansyah, A. D., & Sukarliana, L. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKn (Quasi Eksperimen Kelas XI di SMAN 1 Pagaden). Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 385–391. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.487