Merangkul Teknologi: Mengintegrasikan Realitas Virtual dalam Pengalaman Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i6.458Kata Kunci:
Teknologi, Realitas Virtual, Pengalaman PembelajaranAbstrak
Penelitian ini mengeksplorasi integrasi teknologi virtual reality (VR) ke dalam pengalaman belajar untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini menyelidiki manfaat potensial VR dalam meningkatkan keterlibatan siswa, meningkatkan hasil belajar, dan menumbuhkan kreativitas dan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini juga membahas tantangan dan masalah yang terkait dengan penerapan VR di lingkungan sekolah dasar. Melalui tinjauan komprehensif terhadap literatur yang ada, survei, dan wawancara dengan para pendidik dan pemangku kepentingan, penelitian ini menawarkan wawasan tentang strategi yang efektif untuk memasukkan VR ke dalam kurikulum. Temuan ini menyoroti peningkatan keterlibatan dan motivasi, peningkatan hasil belajar, dan peningkatan kreativitas dan keterampilan berpikir kritis yang terkait dengan integrasi VR. Studi ini merekomendasikan integrasi kurikulum, pelatihan dan dukungan guru, kolaborasi, dan mengatasi masalah teknis dan etika sebagai strategi utama untuk implementasi VR yang sukses. Dengan merangkul teknologi dan mengintegrasikan VR ke dalam pengalaman belajar, para pendidik dapat memberikan kesempatan pendidikan yang imersif dan interaktif kepada siswa sekolah dasar.
Referensi
Akram, W., & Kumar, R. (2017). A Study on Positive and Negative Effects of Social Media on Society. International Journal of Computer Sciences and Engineering, 5(10), 351–354. https://doi.org/10.26438/ijcse/v5i10.351354
BUDI PRATAMA, A. (2019). PASAMBAHAN VIRTUAL MUSEUM TARI TRADISIONAL MINANGKABAU BERBASIS VIRTUAL REALITY. Politeknik Negeri Padang.
Cao, M., & Feng, Y. (2019). Research on the Consumers Purchase Demand of VR Equipment in Chinese Market. 2nd International Seminar on Education Research and Social Science (ISERSS 2019), 381–384.
Kantavong, P., & Kiettikunwong, N. (2020). Different paths for inclusion in Thailand: improving special teachers as leaders in the development of inclusive education. Journal of Research in Special Educational Needs, 20(1), 74–84.
Opriș, I., & Cenușă, V.-E. (2017). Subject-spotting experimental method for gen Z. TEM Journal, 6(4), 683.
Rahma, A. A., & Mutiaz, I. (2020). Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterlibatan Audiens dalam Belajar. DESKOMVIS: Jurnal Ilmiah Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa Dan Media, 1(1), 56–63.
Suwastika, I. W. K. (2018). Pengaruh E-Learning sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 13(1), 1–5.
Tarigan, Z. J. H., Suprapto, W., & Basana, S. R. (2018). The influence of erp system to the company performance seen through innovation process, information quality, and information sharing as the intervening variables. International Conference on Education and Multimedia Technology, ICEMT 2017.
Utami, L. P. R. A., Suwastini, N. K. A., Dantes, G. R., Suprihatin, C. T., & Adnyani, K. E. K. (2021). Virtual Reality For Supporting Authentic Learning In 21st Century Language Classroom. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 18(1), 132–141.
Verawati, N. N. S. P., Hikmawati, H., Wahyudi, W., & Prayogi, S. (2022). Pengalaman Mengajar Fisika Modern Menggunakan Simulasi Virtual PhET: Analisis Kinerja Keterampilan Penalaran Mahasiswa. Empiricism Journal, 3(2), 188–195.
Wahyudi, & Treagust, D. F. (2006). Science education in Indonesia: A classroom learning environment perspective. In Contemporary Approaches To Research On Learning Environments: Worldviews (pp. 221–246). World Scientific.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Siska Dwi Yulianti , Rani Eka Arini, Rully Fildansyah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.