Pengembangan E-Modul Perancangan Interior Rumah Tinggal Berbasis Software Mata Kuliah Desain Interior Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.58812/jpdws.v3i01.1894Kata Kunci:
E-modul, Desain Interior, Software, Perancangan Interior Rumah TinggalAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul Perancangan Interior Rumah Tinggal berbasis software. Pada mata kuliah Desain Interior di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta, mahasiswa mengalami kendala dalam menyelesaikan tugas perancangan interior rumah tinggal menggunakan software. Hal ini disebabkan oleh e-modul yang ada belum mencakup panduan dalam perancangan interior rumah tinggal berbasis software. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) berdasarkan model 4D, yang mencakup empat tahap: define (tahap pendefinisian), design (tahap perancangan), develop (tahap pengembangan), dan dissemination (tahap penyebaran). E-modul terdiri dari enam materi belajar, yakni Perancangan Interior : (1) ruang tamu, (2) ruang keluarga, (3) kamar tidur, (4) kamar mandi, (5) dapur dan (6) rendering gambar. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa E-modul sangat layak digunakan, dengan persentase dari ahli materi sebesar 92,67%, ahli media 95,81%, dan penilaian pengguna 94,00%. Uji coba terbatas pada 15 mahasiswa menunjukkan peningkatan hasil belajar, di mana n-gain pada materi belajar E-modul kedua, ketiga, keempat, kelima, dan keenam mencapai lebih dari sama dengan 0,70, yang mengindikasikan efektivitas yang tinggi. Untuk materi belajar pertama, n-gain mencapai 0,67, termasuk dalam kategori efektivitas sedang. Dengan demikian, E-modul Perancangan Interior Rumah Tinggal berbasis Software dinyatakan layak digunakan pada mata kuliah Desain Interior di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta.
Referensi
Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto, T. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 2(1), 62–65. https://doi.org/10.33751/jsalaka.v2i1.1838
Akker, V. den. (1999). Principles and Methods of Development Research. Dalam Plomp, T; Nieveen, N; Gustafson, K; Branch, R.M; dan van den Akker, J (eds). Design Approaches and Tools in Education and Training. Kluwer Academic Publisher.
Asim. (2001). Sistematika Penelitian Pengembangan. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.
Assyauqi, M. I. (2020). Model Pengembangan Borg And Gall. Researchgate. https://www.researchgate.net/publication/347999352
Astalini, Kurniawan, D. A., Darmaji, Sholihah, L. R., & Perdana, R. (2019). Characteristics of students’ attitude to Physics in Muaro Jambi High School. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(2), 91–99. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7210
BNSP. (2017). Standar Buku Ajar dan Modul Ajar. Ristekdikti, 3–8.
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research an Introduction. Longman Publishers.
Cahyaka, H. W. (2021). Studi Tentang Penerapan Media 3D Sketchup Dalam Pembelajaran DI SMK. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), 7(1), 7823–7830.
Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65
Elvarita, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-Modul Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.11987
Feriyanti, N. (2019). Pengembangan e-modul matematika untuk siswa SD. Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 1–12. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/7406
Handoyo, S. S., Septiandini, E., Wukir, D. A., & Pemungkas, B. R. (2024). Development of Foundation Engineering E-Module in Building Engineering Education Study Program, State University of Jakarta. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 24(1), 67–74. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v24i1.1172
Harahap, N. J. (2019). Mahasiswa Dan Revolusi Industri 4.0. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(1), 70–78. https://doi.org/10.36987/ecobi.v6i1.38
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478
Indah Mayang Sari, R., Iriani, T., & Saleh, R. (2022). the Development of E-Module Software and Bim-Based Building Interior Design. Jurnal PenSil, 11(3), 206–213. https://doi.org/10.21009/jpensil.v11i3.26298
Indra, M. R. I., Saleh, R., & Iriani, T. (2021). Pengembangan E-Module Praktik Batu Beton Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Unj. Jurnal PenSil, 10(1), 41–46. https://doi.org/10.21009/jpensil.v10i1.17781
Istiqoma, M., Prihatmi, T. N., & Anjarwati, R. (2023). Modul Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Mandiri. Prosiding SENIATI, 301–305. https://doi.org/https://doi.org/10.36040/seniati.v7i2.8016
Jazuli, M., Azizah, L. F., & Meita, N. M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Android Sebagai Media Interaktif. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 47–65. https://doi.org/10.24929/lensa.v7i2.22
Kurniawan, A. B., & Hidayah, R. (2020). Kepraktisan Permainan Zuper Abase Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Asam Basa. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 317–323. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3.p317-323
Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513
Magdalena, I., Rahmanda, F. P., Armianti, I. J., & Nabilah, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Online Terhadap Prestasi Siswa Di Sdn Sukamanah 01. Jurnal Bintang : Pendidilan Dan Sains, 2(3), 431–445. https://doi.org/Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/1000
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Maris, N. Y., & Setiawan, A. M. (2023). Analisis Kebutuhan E-Modul Pbl Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Materi Zat Dan Perubahannya. Universitas Negeri Malang Sabtu, 8(2013), 2023. https://doi.org/Retrieved from http://conference.um.ac.id/index.php/LAS/article/view/8227/0
Maysella, D., Rawiyah Lubis, H., & Lutfia Zahra, E. (2021). Penilaian Modul Grading Materi Pola Dasar Badan. Practice of Fashion and Textile Education Journal, 1(2), 48–61. https://doi.org/10.21009/pftej.v1i2.26106
Nasution, W. N. (2017). Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan dan Prosedur. Ittihad, 1(2), 185–195.
Noviarni. (2014). Perencanaan Pembelajaran Matematika dan Aplikasinya. Benteng Media.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. DIVA Press.
Pratomo, A., & Irawan, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Menggunakan Metode Hannafin dan Peck. Positif, 1(1), 18–28.
Puspasari, R. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 137. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702
Rahayu, S., Harjono, A., & Gunawan, G. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.29303/jppfi.v1i1.16
Riani Johan, J., Iriani, T., & Maulana, A. (2023). Penerapan Model Four-D dalam Pengembangan Media Video Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan. Jurnal Pendidikan West Science, 01(06), 372–378.
Rizali, F., Sudarman, & Partha, M. N. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Berbasis Colt Di Sma Negeri 5 Samarinda. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 3(2), 12–21. https://doi.org/10.30872/prospek.v3i2.810
Rustandi, A., Haeruddin, & Darmansyah. (2022). Penerapan Model Assure Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Di Smkn 3 Penajam Paser Utara. Jurnal Utile, VIII(1), 6–18. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT
Salsabila, U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., Nurfadila, N., & Saputra, R. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(01), 104–112. https://doi.org/10.31004/joe.v3i01.348
Sisyanto, R. G. (2020). Efektivitas Penerapan Bahan Ajar Desain Interior Berbantuan Multimedia 3d Terhadap Hasil Belajar Pada Program Studi Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan Universitas Negeri Jakarta. Skripsi tidak diterbitkan, Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Yogyakarta: Alfabeta.
Suhadi, I. (2001). Kebijakan Penelitian Perguruan. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.
Teknowijoyo, F. (2022). Relevansi Industri 4.0 dan Society 5.0 Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Educatio, 16(2), 173–184. https://doi.org/10.29408/edc.v16i2.4492
Virgitta, K. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Desain Interior Berbantuan Aplikasi Multimedia Sketch Up Pada Prodi Ptb Ft Unj. Jurnal PenSil, 8(2), 81–88. https://doi.org/10.21009/jpensil.v8i2.11955
Zaharah, & Susilowati, A. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Modul Elektronik Di Era Revolusi Industri 4.0. Biodik, 6(2), 145–158. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.8950
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Diah Ayu Wukir, Rosmawita Saleh, Santoso Sri Handoyo

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.