Analisis Pengaruh Content Creator Terhadap Gaya Bahasa Remaja di Platform Tiktok
DOI:
https://doi.org/10.58812/jpdws.v3i01.1848Kata Kunci:
Content creator, Bahasa Gaul, TikTok, Remaja, Pelestarian Bahasa IndonesiaAbstrak
Penelitian ini membahas peran content creator TikTok dalam membentuk gaya bahasa remaja dan dampaknya terhadap pelestarian Bahasa Indonesia. Dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, data diperoleh melalui kuesioner dari 43 remaja dan 3 content creator. Hasilnya menunjukkan bahwa bahasa gaul di TikTok meningkatkan daya tarik konten dan menjadi tren di kalangan remaja. Namun, fenomena ini juga berisiko menggeser penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya tanggung jawab sosial content creator dan kesadaran remaja dalam penggunaan bahasa.
Referensi
Amelia, M. R., Hasanah, S. U., & Kartikasari, R. D. (2023). “Ragam Bahasa Remaja Dalam Media Sosial Tiktok”: Kajian Sosiolinguistik. PROSIDING SAMASTA.
Anjani, S., & Irwansyah, I. (2020). “Peranan Influencer Dalam Mengkomunikasikan Pesan Di Media Sosial Instagram” [The Role of Social Media Influencers in Communicating Messages Using Instagram]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 203229.
Setiawan, R. (2022). "Peran Content Creator TikTok dalam Evolusi Bahasa Indonesia." Jurnal Penelitian Komunikasi.
Wardana, B. W. P., & Sabardila, A. (2022). “Ragam Bahasa Gaul Dalam Caption Akun Instagram Beauty Influencer @Cindercella Dan Dampaknya Terhadap Eksistensi Bahasa Indonesia”. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(1), 112-122.
Yulianti, H. (2023). “Analisis Ragam Bahasa Gaul Yang Digunakan Remaja Milenial Pada Komentar Di Media Sosial TikTok”. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 1(2), 117–131.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Alyaa Ryda Nabilla Putri, Isna Maharani, Novi Melisa, Dhiya'ul Haq Nurul Azizah, Nuzulul Rizkiyah Ramadhani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.