Meningkatkan Kesadaran Mahasiswa STKIP PGRI Sukabumi Untuk Berperilaku Anti Koruptif Melalui Pendidikan Anti Korupsi

Penulis

  • Kresna Ningsih Manik Universitas Prima Indonesia
  • Asma Nurani Nugrahawati STKIP PGRI Sukabumi

Kata Kunci:

Meningkatkan, kesadaran, Perilaku Anti Koruptif, Mahasiswa, Pendidikan

Abstrak

Artikel ini berjudul Meningkatkan Kesadaran mahasiswa STKIP PGRI Sukabumi Untuk Berperilaku Anti Koruptif melalui Pendidikan Anti Korupsi. Secara garis besar, masalah yang ingin dibahas adalah kesadaran mahasiswa akan perannya sebagai agent of change bagi persoalan korupsi di Indonesia dan peran penting pendidikan anti korupsi dalam menumbuhkan kesadaran hukum. Metode yang dipergunakan dalam penelitian tersebut adalah metode empiris dengan menggunakan pendekatan fakta dan pendekatan konsep serta disajikan secara deskriptif analitis. Hasil yang diperoleh dalam penelitian tersebut adalah generasi muda memiliki cukup pengetahuan tentang korupsi, bentuk-bentuk korupsi serta bentuk-bentuk perilaku anti koruptif. Hanya saja pengetahuan yang cukup itu belum diikuti oleh kehendak untuk berperilaku anti koruptif. Ini artinya ada kelemahan dalam diri mahasiswa terkait kesadaran untuk mengembangkan budaya anti koruptif dalam dirinya sehingga dapat disimpulkan bahwa perlu diadakan pendidikan anti korupsi bagi generasi muda agar dapat membantu menumbuhkan kesadaran hukum mereka untuk berperilaku anti koruptif.

 

Biografi Penulis

Asma Nurani Nugrahawati, STKIP PGRI Sukabumi

 

 

Referensi

BPKP, P. P. (23 C.E.). Tahun 2014.

Darma, I. M. W., SH, M. H., Arsawati, N. N. J., & SH, M. (2022). Buku Ajar Hak Azasi Manusia. Nilacakra.

Gintings, A. (2011). Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan: Esensi Praktis. Humaniora Utama Press.

Gusnardi, G. (2014). Pendidikan Anti Korupsi di Perguruan Tinggi: Perlukah Kah? Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 86–93.

Nuh, M. (2013). Menyemai Kreator Peradaban. Serambi Ilmu Semesta.

Siswoyo, D. (2007). Ilmu Pendidikan.

Umar, H. (2012). Pengawasan untuk pemberantasan korupsi. Jurnal Akuntansi Dan Auditing, 8(2), 109–122.

Wibisono, C. (2011). Memberantas korupsi dari dalam Diri. Al-Wasat Publishing House.

Wibowo, A. (2013). Pendidikan antikorupsi di sekolah: strategi internalisasi pendidikan antikorupsi di sekolah. Pustaka Pelajar.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-21

Cara Mengutip

Manik, K. N., & Nugrahawati, A. N. (2023). Meningkatkan Kesadaran Mahasiswa STKIP PGRI Sukabumi Untuk Berperilaku Anti Koruptif Melalui Pendidikan Anti Korupsi. Jurnal Pendidikan West Science, 1(01), 20–26. Diambil dari https://wnj.westscience-press.com/index.php/jpdws/article/view/169