Efektivitas Asesmen Berbasis AL-PGS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Terintegrasi Penguatan Karakter Kolaboratif dan Kreatifitas

Penulis

  • Novitalia Ablinda Sari SMA Negeri 5 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.58812/jpdws.v2i02.1597

Kata Kunci:

AL-PGS, Kreatifitas, Kolaborasi, Struktur Atom

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas Asesmen berbasis AL-PGS (Aplikasi Laboratorium Phet dan Google Spreadsheet) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang terintegrasi penguatan karakter kolaborasi dan kreatifitas. Asesmen merupakan bagian utama dalam proses pembelajaran. Asesmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, fasilitasi pembelajaran, dan penyediaan informasi yang holistik. Asesmen dibuat dengan berpusat pada murid. Pada materi struktur atom penggunaan media menjadi bagian penting agar pembelajaran lebih bermakna. Salah satunya adalah laboratorium virtual PhET yang menyediakan materi hingga games. Google spreadsheet adalah aplikasi yang bisa digunakan bersama dalam satu waktu secara online. Hal ini menguatkan karakter kolaboratif dan kreatifitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang dipilih adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini, melibatkan 70 siswa kelas X yang dibagi ke dalam dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan Asesmen berbasis AL-PGS, dan kelompok kontrol dengan metode pengajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui instrumen kreatifitas dan instrumen kolaborasi. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kreatifitas dan kolaborasi pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol. Skor post test kelompok eksperimen meningkat dari rata-rata 66,7 menjadi 87,4, sementara kelompok kontrol hanya meningkat dari 65,2 menjadi 72,3. Uji t menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok pada aspek kreatifitas (t-hitung 4,35) dan kolaborasi (t-hitung 3,98), dengan p-value < 0,05. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Asesmen berbasis AL-PGS (Aplikasi Laboratorium Phet dan Google Spreadsheet) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang terintegrasi penguatan karakter kolaborasi dan kreatifitas.

Referensi

Brady, J. E. (1999). Kimia Universitas Asas & Struktur Jilid 1. Edisi Ke5. Jakarta: Binarupa Aksara.

Dillenbourg, P. (2016). The evolution of research on collaborative learning. In Technology-enhanced Learning (pp. 3-19). Springer, Cham.

Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2008). How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill Inc. New York

Ghalib, A. K. (2009). The True Power Of Atom. Diva Press.

Hendriayana, A., ES, S. M., & Miswadi, S. S. (2013). Pengembangan software pembelajaran mandiri (spm) materi sistem periodik unsur dan struktur atom. Journal of Innovative Science Education, 2(1).

Heriyanto, A., & Haryani, S. (2014). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis education game sebagai media pembelajaran kimia. Chemistry in Education, 3(1).

Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Smith, K. A. (2014). Cooperative learning: Improving university instruction by basing practice on validated theory. Journal on Excellence in University Teaching, 25(4), 1-26.

Muslim, B., Ramli, M., & Nursarifah, U. (2021). Pengembangan Video Animasi Kimia Terintegrasi Keislaman pada Materi Struktur Atom. Jambura Journal of Educational Chemistry, 3(2), 47-52.

Nurrachmah, S. (2024). Analisis Strategi Komunikasi Dalam Membangun Hubungan Interpersonal Yang Efektif. Jurnal Inovasi Global, 2(2), 265-275.

Ramadona, Y., Estiningtias, E. P., & Satriani, A. (2023). Interaksi Guru dan Siswa: Analisis Mendalam terhadap Kurangnya Motivasi Belajar di Kelas Akibat Metode Pengajaran Tradisional. PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(3), 487-493.

Rohanawati, R., Suryati, S., & Dewi, C. A. (2014). Pengembangan Media Animasi Dengan Macromedia Flash Pada Materi Struktur Atom. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 2(2), 196-199.

Sagala, A. U., Hutagaol, D. D. S., Haloho, K. A., Aini, N., & Pangaribuan, T. R. (2021). Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Belajar Sambil Bermain Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar (pp. 359-364). FBS Unimed Press.

Smith, B. L., & MacGregor, J. T. (2013). What is collaborative learning?. In Collaborative learning: Higher education, interdependence, and the authority of knowledge (pp. 10-33). Springer.

Siwa, I. B., & Muderawan, I. W. (2013). Pengaruh pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Kimia terhadap Keterampilan Proses Sains ditinjau dari gaya kognitif siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(2).

Sukirman, S. (2021). Keterampilan Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Pembelajaran Yang Efektif. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(2), 66-72.

Thompson, L. (2015). Making the team: A guide for managers. Pearson.

Torrance, E. P. (1966). The Torrance Tests of Creative Thinking-Norms-Technical Manual Research Edition-Verbal Tests, Forms A and B-Figural Tests, Forms A and B. Princeton, NJ: Personnel Press.

Wieman, C. E., Adams, W. K., & Perkins, K. K. (2008). PhET: Simulations that enhance learning. Science, 322(5902), 682-683.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-17

Cara Mengutip

Sari, N. A. (2024). Efektivitas Asesmen Berbasis AL-PGS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Terintegrasi Penguatan Karakter Kolaboratif dan Kreatifitas. Jurnal Pendidikan West Science, 2(02), 152–162. https://doi.org/10.58812/jpdws.v2i02.1597