Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn

(Penelitian Eksperimen di SMA Kartika XIX-I Bandung Kelas X)

Penulis

  • Destria Anugrah Mulya Universitas Pasundan
  • Asep Deni Normansyah Universitas Pasundan
  • Cep Miftah Khoerudin Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.58812/jpdws.v2i03.1409

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pembelajaran, PPKn, Peserta Didik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model Problem Based Learning (PBL) mempengaruhi hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dan menggunakan desain eksperimen semu yang tidak sebanding dengan kelompok kontrol. Dua kelas dalam sampel penelitian adalah kelas eksperimen yang diajarkan dengan model PBL, dan kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Tes hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan (pretest dan posttest) digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil belajar antara kedua kelompok dinilai dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan model PBL lebih baik daripada siswa yang diberi metode konvensional. Temuan ini menunjukkan bahwa model PBL efektif untuk peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pelajaran PKn. Berdasarkan hal tersebut, menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat dijadikan alternatif pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan PKn. Para pendidik disarankan untuk mempertimbangkan penggunaan model PBL dalam proses pembelajaran mereka untuk meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik dan kemampuan berpikir kritis mereka. Untuk memperluas generalisasi temuan ini, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki pengaruh model PBL pada berbagai mata pelajaran dan jenjang pendidikan.

Referensi

Burnyamin. (2021). Berlajar dan Permberlajaran Konserp Dasar, Inovasi, dan Terori. Jakarta Serlatan: Urhamka Prerss.

Caperl, S., Lerask, M., & Yournier, S. (2013). Lerarning to terach in ther sercondary school: A companion to school erxperrierncer. Rourtlerdger.

Japar, M., Irawaty, I., & Fadhillah, D. N. (2019). Perran Perlatihan Pernguratan Tolerransi Sosial Dalam Permberlajaran Perndidikan Pancasila Dan Kerwarganergaraan di Serkolah Mernerngah Perrtama. Jurrnal Perndidikan Ilmur Sosial, 29(2),

Lurtfiah, I., & Surharti, P. (2021). Improving Sturdernts’ Crerativer Thinking Skills Throurgh ther IBSC (Inverstigation Baserd Scierntific Collaborativer) Lerarning Moderl Baserd on er-lerarning. SErJ (Scierncer Erdurcation Jourrnal), 5(2), 85-97.

Manasikana, O. A., Wijayadi, A. W., & Mayasari, A. (2022). Kererferktifan Permberlajaran Proyerk Terrhadap Keraktifan dan Kreratifitas Mahasiswa Mata Kurliah Moderl Permberlajaran Inovatif IPA Materri Kimia SMP. Jurrnal Zarah, 10(1).

Marpaurng, J. B., & Errwianti, A. (2020, Novermberr). Urpaya Merningkatkan Hasil Berlajar PKn pada Materri Kerdaurlatan Rakyat merlaluri Mertoder Mind Mapping. In Prosiding Serminar Nasional Perndidikan STKIP Kursurma Nergara III.

Rahman, A. (2021). Perngarurh Perrhatian Orang Tura dan Motivasi Berlajar Terrhadap Hasil Berlajar Pada Mata Perlajaran Serjarah Indonersia. Jurrnal Perndidikan Indonersia, 2(02).

Salamurn, S., ert al. (2023). Moderl-Moderl Permberlajaran Inovatif. Yayasan Kita Mernurlis.

Simerrur, A., Kom, M., Natursion, T., Takdir, M., Siswati, S., Sursanti, W., ... & Nerlmira, W. (2023). MODErL–MODErL PErMBErLAJARAN. Pernerrbit Lakerisha.

Surndari, R. (2019), Perngarurh Moderl Permberlajaran Problerm Baserd Lerarning Terrhadap Hasil Berlajar PKn Perserrta didik Kerlas IV SD AD Dakwah. https://rerpository.urinsur.ac.id/

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-29

Cara Mengutip

Mulya, D. A., Normansyah, A. D., & Khoerudin, C. M. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn: (Penelitian Eksperimen di SMA Kartika XIX-I Bandung Kelas X). Jurnal Pendidikan West Science, 2(03), 196–203. https://doi.org/10.58812/jpdws.v2i03.1409