Analisis Pemahaman Kesantunan Berbahasa Indonesia Pada Mahasiswa Teknik Industri UPN "Veteran" Jawa Timur

Penulis

  • Puspa Roumanty Vidianingrum Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Davina Clarissa Putri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Nadya Devina Aulia Putri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Bramana Ogya Shankara Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Elora Dian Zerlinda Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Muhammad Habibie Satria Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.58812/jpdws.v2i03.1230

Kata Kunci:

Kesantunan, Bahasa Indonesia, Mahasiswa, Prinsip Kesantunan

Abstrak

Kesantunan berbahasa merupakan suatu peraturan tidak tertulis yang disepakati bersama untuk mengatur perilaku manusia dalam bermasyarakat. Berdasarkan teori Leech prinsip dalam berbahasa terbagi atas enam maksim, antara lain maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim pemufakatan, dan maksim simpati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesantunan berbahasa dan tingkat pemahaman tentang bahasa yang sopan dikalangan mahasiswa Teknik Industri UPN “Veteran” Jawa Timur saat ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa Teknik Industri UPN “Veteran” Jawa Timur angkatan 2022 dan 2023. Melalui penyebaran kuesioner, didapatkan hasil bahwa mahasiswa telah menerapkan maksim kemufakatan dan maksim kebijaksanaan serta dapat dikatakan mahasiswa Teknik Industri UPN “Veteran” Jawa Timur telah mengerti tentang kesantunan dan kesopanan dalam berbahasa.

Referensi

Albaburrahim. (2019). Pengantar Bahasa Indonesia Untuk Akademik. Bojonegoro: CV. Madza Media.

Atmazaki, A. (2013). IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA: Pola Pikir, Pendekatan Ilmiah, Teks (Genre), dan Penilaian Otentik. International Conference on Languages and Arts, 15–22.

Claudia, V. S., Ani, R., Budi, W., (2018). “Prinsip Kesantunan Berdasarkan Maksim Leech Dalam Kumpulan Naskah Drama Geng Toilet Karya Sosiawan Leak Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Teks Drama Di Sekolah Menengah Atas”, Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2): 179-190.

Mislikhah. (2014). “Kesantunan Berbahas”, Ar-Raniry: International Journal of Islamic Studies, 1(2): 285-296.

Murdiyati, Siti. (2020). “Peranan Bahasa Indonesia Dalam Membangun Karakter Generasi Muda Bangsa”, Journal of Education Research, 2(3): 25-30.

Nasional, U., & oleh Undang-undang, D. (2008). bahasa indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-29

Cara Mengutip

Vidianingrum, P. R., Putri, D. C., Aulia Putri, N. D., Shankara, B. O., Zerlinda, E. D., & Satria, M. H. (2024). Analisis Pemahaman Kesantunan Berbahasa Indonesia Pada Mahasiswa Teknik Industri UPN "Veteran" Jawa Timur . Jurnal Pendidikan West Science, 2(03), 170–176. https://doi.org/10.58812/jpdws.v2i03.1230