Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Website Siamik UPN “Veteran” Jawa Timur

Penulis

  • Bella Trinanda Sanni Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Ni Made Berliana Deswita Rini Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Allendra Donny Irawan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Dewi Puspa Arum Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.58812/jpdws.v2i02.1048

Kata Kunci:

Kesalahan Berbahasa, Website, Siamik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa dalam website Siamik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur serta dampaknya terhadap pemahaman informasi dan persepsi keprofesionalan situs web tersebut. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi pada situs web Siamik. Analisis data mengungkapkan sejumlah kesalahan berbahasa yang meliputi kesalahan ejaan, tipografi, dan kesalahan penggunaan singkatan. Kesalahan-kesalahan ini dapat menyebabkan kebingungan, merusak kredibilitas, dan menurunkan profesionalitas situs web, terutama dalam konteks akademis. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya menjaga kualitas bahasa dalam konteks digital, khususnya dalam lingkungan pendidikan. Implikasi penelitian ini menekankan perlunya perbaikan dan penyuntingan bahasa untuk meningkatkan efektivitas komunikasi dan kepercayaan pengguna terhadap situs web Siamik.

Referensi

Alfarisy, F., Devinsky, E.M, & Hastian, K. Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Platform Berita Media Sosial. E-Journal UNDIP.

Ilham S.L, Wildan I. (2017). Dampak Penggunaan Akronim di Kalangan Mahasiswa Terhadap Masyarakat Umum: Kajian Morfologi. Jurnal Education and development STKIP Tapanuli Selatan.

Edi S. (2022). Berlakunya Perubahan Ejaan yang disempurnakan (EYD) menjadi Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Maharugu : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Setyawati, N. (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. (M.Rohmadi, Ed.) (Cetakan 2). Kadatiro Surakarta: Yurna Pustaka.

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi (GP Press Group).

Nurhayati, E., & Yudiantini, R.S. (2020, Maret). Sejarah Web Service dalam Perkembangan Teknologi Informasi. ResearchGate.

Pamungkas, B.S., Nurhasanah, E., & Meliasanti, F. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Berita Online Cikampek Info di Instagram dan Rekomendasinya Sebagai Materi Ajar Tingkat SMP. Journal on Education.

Puspitasari, R.C., & Anggraini, P. (2022). Kesalahan Berbahasa Pada Berita Daring di Website Malang Posco Media Edisi Februari 2022. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Rendy I. (2023). Perancangan Buku Ajar Tipografi. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-07

Cara Mengutip

Sanni, B. T., Deswita Rini, N. M. B., Irawan, A. D., & Arum, D. P. (2024). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Website Siamik UPN “Veteran” Jawa Timur . Jurnal Pendidikan West Science, 2(02), 62–72. https://doi.org/10.58812/jpdws.v2i02.1048