Pengaruh Media Pembelajaran Artificial Intelligence Chat GPT Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila (Quasi Eksperimen di Kelas XII SMAN 1 Cicalengka)

Penulis

  • Jihan Sana Destia Universitas Pasundan
  • Dadang Mulyana Universitas Pasundan
  • Cahyono Cahyono Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.58812/jmws.v3i09.1580

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Artificial Intelligence, Chat GPT, Motivasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Abstrak

Arus teknologi di Indonesia saat ini semakin berkembang tetapi tidak sebanding dengan perkembangan teknologi di dunia Pendidikan. penggunaan media pembelajaran di sebagian besar sekolah, yang masih menggunakan metode konvensional. Hal ini menyebabkan rasa jenuh pada peserta didik terhadap pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk menguji efektivitas dan efisiensi penggunaan media pembelajaran berbasis AI, khususnya Chat GPT, terhadap tingkat motivasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, khususnya metode quasi eksperimen dengan dua variabel: pengaruh media pembelajaran AI Chat GPT (X) terhadap tingkat motivasi peserta didik (Y) dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran AI Chat GPT memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik. Data dari angket menunjukkan bahwa 84.9% peserta didik (45.5% sangat setuju, 39.4% setuju) merasa lebih termotivasi dalam mencari materi PPKn menggunakan media AI Chat GPT. Hal ini menegaskan bahwa penggunaan teknologi AI dalam pembelajaran PPKn efektif dan efisien dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Referensi

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Afiqah, N., Auliyauddin, S., Fitriani, F., Awalia, A. R., Kholis, N., & Hamzah, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Liquid Crystal Display (LCD) Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Inpres Galangan Kapal IV Kota Makassar. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(6).

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran Akuntansi. Jurnal pendidikan akuntansi Indonesia, 16(1), 98-107.

Cahyani, I. N., Mulyana, D., & Cahyono, C. (2023). Hubungan Karakter Profil Pelajar Pancasila dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Lucerna: Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 53-63.

Damanik, R. (2019). Evaluasi program pembelajaran matematika dengan pendekatan Kirkpatrick. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2).

Damitri, D. E. (2020). Keunggulan media powerpoint berbasis audio visual sebagai media presentasi terhadap hasil belajar peserta didik SMK teknik bangunan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(2).

Daryanto, (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Hayati, R. (2020). Pengertian kerangka berpikir menurut para ahli. Artikel Penelitian Ilmiah. Com.

Harefa, D. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Talking CHIPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 83-99.

Hidayat, S., Syarifuddin, M. F. F., Bida, M. G., & Cokrowibowo, S. (2023). SISTEM CERDAS PENILAIAN OTOMATIS UNIVERSITAS HASANUDDIN. Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer), 6, 232-239.

Iriyani, S. A., Patty, E. N., Akbar, A. R., Idris, R., & Priyudahari, B. A. P. (2023). Studi Literatur Pemanfaatan Teknologi Chat GPT dalam Pendidikan. UPGRADE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 9-16.

Jamaaluddin (2021). Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence). Sidoarjo : UMSINDA PRESS

Jasmiyanti, A. (2020). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKn (Studi Deskriptif Pada Kelas VIII di SMP Pasundan 4 Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Junaidi, J. (2019). Peran media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Diklat Review: Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45-56.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Sugiyono (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alphabet

Safira, A. R. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Gresik: Caremedia Communication.

Salsabila, A., Mulyana, D., & Cahyono, C. (2023). Pengaruh Media Wordwall terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pelita: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 42-51.

Sari, P. (2019). Analisis terhadap kerucut pengalaman Edgar Dale dan keragaman gaya belajar untuk memilih media yang tepat dalam pembelajaran. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 42-57.

Subroto, D. E., Supriandi, S., Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473-480.

Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT dalam dunia pendidikan. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 158-166.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-29

Cara Mengutip

Destia, J. S., Mulyana, D., & Cahyono, C. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Artificial Intelligence Chat GPT Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila (Quasi Eksperimen di Kelas XII SMAN 1 Cicalengka). Jurnal Multidisiplin West Science, 3(09), 1407–1416. https://doi.org/10.58812/jmws.v3i09.1580