Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Perusahaan PT. Glostar Indonesia

Penulis

  • Siti Nuranisa Universitas Nusa Putra

DOI:

https://doi.org/10.58812/jmws.v3i09.1368

Kata Kunci:

Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Kinerja Perusahaan, PT. Glostar Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bermaksud untuk mempertimbangkan bagaimana dampak dari budaya organisasi dan gaya kepemimpinan pada pelaksanaan PT. Glostar Indonesia, sebuah perusahaan pabrikasi yang beroperasi dalam bidang produksi sepatu. Kinerja bisnis dipengaruhi oleh faktor internal, seperti budaya organisasi dan kepemimpinan, dalam menghadapi persaingan industri yang semakin ketat. Riset ini dilakukan secara kuantitatif melalui metode survei. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda setelah kuesioner dibagikan kepada karyawan PT Glostar Indonesia. Penelitian ini mengidentifikasi budaya organisasi dan gaya kepemimpinan sebagai variabel bebas (independen), sementara kinerja perusahaan sebagai variabel terikat (dependen). Hasil penelitian menunjukkan gaya kepemimpinan dan budaya organisasi memengaruhi kinerja perusahaan secara positif dan signifikan. Gaya kepemimpinan memiliki kemampuan untuk meningkatkan motivasi dan kinerja karyawan, yang pada gilirannya berkontribusi pada kinerja perusahaan secara keseluruhan. Nilai-nilai bersama dan praktik kerja yang baik menunjukkan budaya organisasi yang kuat dan mendukung, yang dapat meningkatkan produktivitas, kolaborasi, dan inovasi karyawan.

Referensi

Andhi Sukma Hanafi, Chairil Almy, M. Tirtana Siregar (Januari 15,2019). Jurnal Manajemen Industri dan Logistik. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai.”

Gamal Thabroni. (2022). "Gaya Kepemimpinan: Pengertian, Jenis, Faktor, Indikator & Teori." Serupa.id Manajemen & Bisnis

Jessica novia, Serafica Gischa. Kompas.com. “Budaya Organisasi Menurut Para Ahli dan Asumsinya.”

Reni Sasingkelo, Christoffel Kojo, Farlane S Rumokoy. (2016). “Pengaruh gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Horiguchi Sinar Insani.” Jurnal EMBA Vol 4, No 4 Desember.

Yusuf Abdhul Azis. (2023). “Pengertian Budaya Organisasi: Fungsi, Jenis, Karakteristik, dan Contoh” Deepublish store

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-29

Cara Mengutip

Nuranisa, S. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Perusahaan PT. Glostar Indonesia. Jurnal Multidisiplin West Science, 3(09), 1361–1367. https://doi.org/10.58812/jmws.v3i09.1368