Pengaruh Program Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan PT. Glostar Indonesia Sukabumi

Penulis

  • Abdan Abdurrahman Universitas Nusa Putra

DOI:

https://doi.org/10.58812/jmws.v3i09.1362

Kata Kunci:

Program Pendidikan, Pelatihan, Prestasi Kerja, PT. Glostar Indonesia

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana program pendidikan dan pelatihan berdampak pada kinerja kerja karyawan PT. Glostar Indonesia Sukabumi. Pendidikan dan pelatihan dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja karyawan sehingga mereka bekerja dengan lebih efektif dan efisien. Penelitian ini melibatkan 21 karyawan yang dipilih secara purposive berdasarkan keterlibatan mereka dalam program. Metode penelitian kuantitatif digunakan pada penelitian ini. Data dikumpulkan melalui angket yang mengukur persepsi karyawan terhadap program pendidikan dan pelatihan dan bagaimana hal ini berdampak pada prestasi kerja mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendidikan dan pelatihan berpengaruh besar dan positif terhadap kinerja kerja karyawan. Menurut analisis regresi linear berganda, program pendidikan dan pelatihan dapat menjelaskan 73,8% variabilitas prestasi kerja, dengan pelatihan memiliki pengaruh yang lebih besar. Kedua variabel independen mempengaruhi prestasi kerja secara signifikan, menurut nilai p-value 0,000. Kesimpulannya, peningkatan kualitas program pendidikan dan pelatihan telah terbukti memainkan peran penting dalam meningkatkan prestasi kerja karyawan PT. Glostar Indonesia Sukabumi.

Referensi

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia.

Malik, D. A., Tumbel, A. L., & Trang, I. (2020). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Tirta Investama-Airmadidi (AQUA). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(1).

Makkira, M., Syakir, M., Kurniawan, S., Sani, A., & Ngandoh, A. M. (2022). Pengaruh Stres Kerja, Komunikasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Prima Karya Manunggal Kabupaten Pangkep. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 20-27.

Ningrum, W., Sunuharyo, B. S., & Hakam, M. S. O. (2013). Pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2).

Nurrofi, A. (2012). PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA DEPARTEMEN PRODUKSI PT. LEO AGUNG RAYA SEMARANG. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 3(1).

Pakpahan, E. S. (2014). Pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja pegawai (Studi pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Tanjung, I., Agussalim, M., & Adawiyah, D. (2022). PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN BANK NAGARI CABANG PASAR RAYA PADANG. Matua Jurnal, 4(2), 317-328.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-29

Cara Mengutip

Abdurrahman, A. (2024). Pengaruh Program Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan PT. Glostar Indonesia Sukabumi. Jurnal Multidisiplin West Science, 3(09), 1417–1421. https://doi.org/10.58812/jmws.v3i09.1362