Analisis Pengaruh Inovasi Produk dan Strategi Pemasaran terhadap Keunggulan Bersaing di Sektor Manufaktur

Penulis

  • Leisya Putri Nazareina Universitas Nusa Putra

DOI:

https://doi.org/10.58812/jmws.v3i09.1360

Kata Kunci:

Inovasi Produk, Strategi Pemasaran, Keunggulan Bersaing, Sektor Manufaktur, PT Fahmi Cipta Abadi

Abstrak

Tujuan dari studi ini untuk mengevaluasi bagaimana inovasi produk dan strategi pemasaran berdampak pada keunggulan kompetitif PT Fahmi Cipta Abadi dalam distribusi dalam distribusi manufaktur. Dalam industri yang semakin kompetitif, dua komponen utama yang membantu suatu perusahaan menjadi lebih kompetitif adalah strategi pemasaran dan inovasi produk. Studi ini dilakukan secara kuantitatif, mengumpulkan data melalui survei karyawan kemudian dianalisis menggunakan hasil regresi berganda. Menunjukkan bahwa keunggulan bersaing dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh inovasi produk dan strategi pemasaran. Inovasi produk membantu menciptakan nilai dan diferensiasi produk, dan strategi pemasaran yang efektif meningkatkan kesadaran konsumen dan penjualan. Oleh karena itu, untuk mempertahankan dan memperluas keunggulan kompetitifnya di pasar, perusahaan harus terus menghasilkan produk baru dan menerapkan strategi pemasaran yang fleksibel.

Referensi

Afifah, M. N. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Pada Produk Pembiayaan Mikro 75 iB Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Bank BRI Syariah KK Tulungagung) (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).

FARIAH, I. ANALISIS INOVASI PRODUK UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING PADA “GALERI USANG.

Hidayat, A. (2011). Strategi pengembangan produk BMT al-Fath dalam meningkatkan keunggulan bersaing.

Nurkarimah, M. (2020). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018 (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan).

NURHIDAYAH, R. (2024). PENGARUH PENERAPAN STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING, TOTAL QUALITY MANAGEMENT, COST OF QUALITY, DESENTRALISASI DAN SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Pengolahan Industri Besar dan Menengah di Kota Pekanbaru) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).

Putri E, I. (2024). Pengaruh Pemasaran Kewirausahaan dan Citra Merek Terhadap Keunggulan Bersaing Batik Rindani di Kota Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

YOYOK, I. L. (2021). ANALISIS STRATEGI BERSAING USAHA PROPERTI DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada PT Graha Sentramulya Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-29

Cara Mengutip

Nazareina, L. P. (2024). Analisis Pengaruh Inovasi Produk dan Strategi Pemasaran terhadap Keunggulan Bersaing di Sektor Manufaktur. Jurnal Multidisiplin West Science, 3(09), 1296–1301. https://doi.org/10.58812/jmws.v3i09.1360