Pengaruh Motivasi Karyawan dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Organisasi di Perusahaan Manufaktur

Penulis

  • Muhamad Fauzan Algipari Universitas Nusa Putra

DOI:

https://doi.org/10.58812/jmws.v3i09.1359

Kata Kunci:

Motivasi Karyawan, Kepemimpinan Transformasional, Kinerja Organisasi, Perusahaan Manufaktur, PT. Barkah Jaya Mandiri

Abstrak

Penelitian ini mengkaji pengaruh motivasi karyawan dan kepemimpinan transformasional terhadap kinerja organisasi pada perusahaan manufaktur PT. Barkah Jaya Mandiri. Motivasi karyawan dianggap sebagai faktor penting yang mempengaruhi semangat dan produktivitas kerja, sementara kepemimpinan transformasional berperan dalam menginspirasi dan mendorong pekerja untuk mencapai tujuan organisasi yang lebih baik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah yang kuantitatif dengan pendekatan survei, melibatkan 22 karyawan dari berbagai divisi di PT. Barkah Jaya Mandiri sebagai responden. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner telah diuji untuk validitas dan ketepatan. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda untuk mengevaluasi bagaimana variabel independen berhubungan satu sama lain (motivasi karyawan dan kepemimpinan transformasional) dan variabel dependen (kinerja organisasi). Hasil studi menunjukkan bahwa motivasi karyawan dan kepemimpinan transformasional berdampak positif pada kinerja organisasi. Motivasi karyawan memiliki kontribusi yang lebih dominan dibandingkan kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Keputusan ini mengimplikasikan yang perusahaan perlu meningkatkan strategi motivasi dan meningkatkan keterampilan kepemimpinan transformasional untuk mendapatkan hasil yang optimal. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi literatur manajemen SDM dan dapat digunakan sebagai contoh untuk praktisi di industri manufaktur dalam mengelola sumber daya manusia secara efektif.

Referensi

Fatyandri, Adi Neka, and Lylya Shanty. "Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Motivasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada Perusahaan Manufaktur di Kota Batam." Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis 13.2 (2022): 43-53.

Hadiyatno, D. (2024). Peran Pemimpin Transformasional Dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi: Studi Kasus Pada Industri Manufaktur. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5), 45-57.

Hutagalung, D., Novitasari, D., Silitonga, N., Asbari, M., & Supiana, N. (2021). Membangun Inovasi Organisasi: Antara Kepemimpinan Transformasional dan Proses Manajemen Pengetahuan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4568-4583.

KERJA DIMEDIASI OLEH MOTIVASI KERJA. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(02), 233-249.

Kurniawan, Asep Reza, Ni Nyoman Putu Martini, and Toni Herlambang. "Pengaruh kepemimpinan transformasional, kompetensi kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai bank jatim situbondo." Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 6.1 (2020): 102- 110.

Motivasi Intrinsik Pegawai: Peran Strategis Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4025-4040.

Nursolihat, W., & Abadi, F. (2022). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DAN KEPUASAN

Sukmana, E., & Sudibia, G. A. (2015). Pengaruh kepemimpinan transformasional, motivasi dan burnout terhadap kinerja karyawan outsourcing RRI Mataram (Doctoral dissertation, Udayana University).

Santoso, Sugeng, et al. "Hubungan Karakteristik Pekerjaan, Kompensasi, dan Kepemimpinan Transformasional, terhadap Kinerja Operasional." Sketsa Bisnis 9.1 (2022): 34-52.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-29

Cara Mengutip

Algipari, M. F. (2024). Pengaruh Motivasi Karyawan dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Organisasi di Perusahaan Manufaktur . Jurnal Multidisiplin West Science, 3(09), 1353–1360. https://doi.org/10.58812/jmws.v3i09.1359