Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Tentang Keputusan Konsumen di Tiktok Marketplace

Penulis

  • M Fitrah Ramadhan Universitas Nusa Putra

DOI:

https://doi.org/10.58812/jmws.v3i09.1353

Kata Kunci:

Promosi, Kualitas Produk, Keputusan Konsumen, Tiktok Marketplace, Media Sosial

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak promosi dan kualitas produk terhadap keputusan konsumen di TikTok Marketplace. Sebagai platform media sosial yang populer, TikTok telah memperkenalkan fitur marketplace yang memungkinkan penjual untuk memasarkan dan menjual produk mereka langsung kepada pengguna. Dipercaya bahwa promosi yang efektif dan produk berkualitas tinggi dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 21 responden yang aktif berbelanja di TikTok Marketplace. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan aplikasi ibm spss untuk menentukan sejauh mana promosi dan kualitas produk mempengaruhi keputusan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut, baik promosi maupun kualitas produk, memiliki dampak signifikan terhadap keputusan konsumen. Promosi yang menarik dan informatif meningkatkan minat dan kepercayaan konsumen untuk membeli, sementara produk dengan kualitas tinggi memastikan kepuasan dan loyalitas konsumen. Studi ini menyarankan agar penjual di TikTok Marketplace berfokus pada strategi promosi yang kreatif serta menjaga kualitas produk untuk mengoptimalkan keputusan pembelian konsumen.

Referensi

Batubara, M., Silalahi, P. R., Sani, S. A., Syahputri, R. R., & Liana, V. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Scarlett Whitening: Studi Kasus pada Mahasiswi FEBI UIN Sumatera Utara. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi Keuangan dan Bisnis Syariah, 4(5), 1327-1342.

Putri, D. P. E. et al. (2023). Pengaruh Harga, Promosi, Ulasan Produk, dan Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace TikTok Shop. Journal of Multidisciplinary Studies. Vol. 7 No. 1. Hal. 67-92.

Sani, S. A., Batubara, M., Silalahi, P. R., Syahputri, R. R., & Liana, V. (2022). Pengaruh promosi, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk scarlett whitening. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5), 1327-1342.

Weenas, J. R. S. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA. Vol.1 No.4. Hal. 607-618.

Saragih, Bongsu. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana. Vol. 6 No. 3 Hal. 1-8.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-29

Cara Mengutip

Ramadhan, M. F. (2024). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Tentang Keputusan Konsumen di Tiktok Marketplace. Jurnal Multidisiplin West Science, 3(09), 1307–1322. https://doi.org/10.58812/jmws.v3i09.1353