Pengaruh Dukungan Organisasi dan Kesejahteraan Psikologis terhadap Kinerja Karyawan di CV. Coolnerds

Penulis

  • Desti Amelia Putri Universitas Nusa Putra

DOI:

https://doi.org/10.58812/jmws.v3i08.1316

Kata Kunci:

Dukungan Organisasi, Kesejahteraan Psikologis, Kinerja Karyawan

Abstrak

Pengaruh dukungan organisasi dan kesejahteraan psikologis terhadap kinerja karyawan di CV Coolnerds, sebuah perusahaan studio sablon, adalah subjek penelitian ini. Sementara dukungan organisasi dilihat dari keadilan, dukungan atasan, penghargaan perusahaan, dan keadaan pekerjaan, kesejahteraan psikologis dilihat dari penerimaan diri, hubungan positif dengan orang lain, otonomi, penguasaan lingkungan, tujuan hidup, dan kemajuan pribadi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, dan data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada karyawan. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa kesejahteraan psikologis memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (β = 0.740, p <  0.05).sedangkan dukungan organisasi menunjukkan pengaruh positif yang lebih lemah (β = 0.198, p > 0.05). Meskipun demikian, kedua variabel tersebut secara bersama-sama menjelaskan sebagian besar variabilitas dalam kinerja karyawan (R² = 0.844). Temuan ini mengindikasikan perlunya perhatian manajemen terhadap aspek-aspek ini untuk meningkatkan kondisi kerja dan kesejahteraan karyawan, yang dimana dapat menghasilkan peningkatan tingkat produksi dan kepuasan kerja. Studi ini memberikan kontribusi penting dalam konteks manajemen SDM di lingkungan industri kreatif yang dinamis.

Referensi

Khairizah, A., Noor, I., & Supratno, A. (n.d.). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP

Ponto, Z. (2018). HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP DUKUNGAN ORGANISASI

Sulistiawanti, A., & Fitriyana, R. (2022). Persepsi Dukungan Organisasi dan Kesejahteraan

Psikologis pada Perawat yang Menangani Pasien Covid-19 di Kota Bekasi. Social Philantropic, 23-28.

KINERJA KARYAWAN. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1268 - 1272.

Wartono, T. (2017). PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN. Jurnal Ilmiah

Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 41 - 55.

Wisata, Y., Rohayati, N., & Minarsih, Y. (2023 - 2024, Desember - Maret). PENGARUH PERSEPSI

DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP KESEJAHTERAAN DI TEMPAT KERJA PADA KARYAWAN PT.X.

DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA KARYAWAN KONTRAK PABRIK TEKSTIL DI KABUPATEN SRAGEN. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-30

Cara Mengutip

Putri, D. A. (2024). Pengaruh Dukungan Organisasi dan Kesejahteraan Psikologis terhadap Kinerja Karyawan di CV. Coolnerds. Jurnal Multidisiplin West Science, 3(08), 1062–1069. https://doi.org/10.58812/jmws.v3i08.1316