Implementasi Manajemen SDM dan Sistem Informasi Terhadap Ke Unggulan Bersaing di PT. Sun Suka Abadi

Penulis

  • Andini FIkri Anisa Universitas Nusa Putra

DOI:

https://doi.org/10.58812/jmws.v3i06.1283

Kata Kunci:

Manajemen SDM, Sistem Informasi, Keunggulan Kompetitif, PT. Sun Suka Abadi

Abstrak

Industri pakaian di Indonesia berkembang pesat, memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional. PT Sun Suka Abadi, perusahaan terkemuka di industri ini, menghadapi persaingan yang semakin sengit. Untuk bertahan dan unggul, perusahaan perlu mengadopsi strategi manajemen yang efektif, terutama dalam manajemen sumber daya manusia (MSDM) dan memanfaatkan teknologi informasi secara optimal. MSDM yang efektif mencakup berbagai aspek, mulai dari perekrutan, pelatihan, pengembangan karir, hingga penilaian kinerja. Manajemen SDM yang baik tidak hanya meningkatkan produktivitas karyawan, tetapi juga menciptakan lingkungan kerja yang mendukung dan memotivasi. Di sisi lain, implementasi sistem informasi yang tepat dapat meningkatkan efisiensi operasional, mempercepat pengambilan keputusan, dan mendorong inovasi. Kombinasi MSDM yang efektif dan sistem informasi yang canggih diharapkan akan meningkatkan keunggulan kompetitif di PT Sun Suka Abadi. Penelitian ini menganalisis dampak penerapan MSDM dan sistem informasi terhadap keunggulan kompetitif perusahaan. Data dikumpulkan melalui kuesioner kepada 20 karyawan dan dianalisis dengan regresi berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa model regresi linear memiliki hubungan yang cukup kuat antara variabel dependen (keunggulan kompetitif) dan variabel independen (MSDM dan sistem informasi). Penerapan MSDM memiliki efek signifikan dan lebih besar terhadap keunggulan kompetitif dibandingkan sistem informasi. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa penerapan MSDM yang efektif dan sistem informasi yang canggih penting untuk meningkatkan keunggulan kompetitif PT Sun Suka Abadi. Direkomendasikan untuk meningkatkan efektivitas MSDM dan sistem informasi perusahaan.

Referensi

Dachyar, M. (2022). Sistem Informasi Manajemen. UI Publishing: Jakarta.

Hasibuan, M. S. P., & Hasibuan, H. M. S. P. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Bumi aksara.

Ikhwan, K., Lionora, C. A., Novitaningtyas, I., & Rahardjo, B. (2022). Keunggulan Bersaing, Aliansi Strategis, dan Manajemen Pengetahuan: Sebuah Kerangka Konseptual. JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN), 9(1), 78–92.

Sintia AL, I. A., & Samsir, R. (2021). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Dipt.Jasa Raharja Cabang Sulawesi Selatan Kota Makassar. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 770-786.

Suprihatmi SW. (2008). Membangun Keunggulan Bersaing Melalui Manajemen Sumberdaya Manusia. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 38-50.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-28

Cara Mengutip

Anisa, A. F. (2024). Implementasi Manajemen SDM dan Sistem Informasi Terhadap Ke Unggulan Bersaing di PT. Sun Suka Abadi . Jurnal Multidisiplin West Science, 3(06), 798–804. https://doi.org/10.58812/jmws.v3i06.1283