Islam dan Kebudayaan (Adat dan Kebudayaan Melayu Tidak Pernah Lepas Dari Agama Islam)

Penulis

  • Sumiyati Sumiyati Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Nurul Laili Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Anissa Fitri Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Dewi Puspa Ramadhani Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Marissa Salsabila Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • M. Rizki Alfattah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
  • Muhajir Darwis Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.58812/jmws.v3i06.1220

Kata Kunci:

Islam, Kebudayaan, Agama

Abstrak

Budaya Melayu tidak hanya merujuk pada kecintaan terhadap laut, tetapi juga mencerminkan inklusi berbagai unsur dari peradaban dunia, baik besar maupun kecil. Hal serupa terjadi pada Islam sebagai agama universal, yang juga menghargai keragaman dalam aliran, pemikiran, pemahaman, dan pandangan. Melayu dan Islam memiliki keterkaitan erat bisa diamati dari dua perspektif, yaitu cara berpikir dan perilaku. Dari segi pemikiran, kehadiran Islam di masyarakat Melayu telah mendorong perkembangan rasionalisme dan intelektualisme dengan mengatasi stagnasi dan kemunduran. Budaya Melayu, yang memiliki semangat toleransi yang kuat dan menghargai keragaman, termasuk perbedaan pendapat, aliran, dan pandangan, dianggap sebagai kebijaksanaan. Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis islam dan kebudayaan yang dimana kebudayaan Melayu tidak pernah lepas dari agama islam. Hasil penelitian ini menunjukkan agama Islam berperan penting sebagai identitas kebudayaan Melayu dan memiliki ciri khas positif serta memiliki ketertarikan antara agama Islam dan kebudayaan Melayu.

Referensi

Akmal, Atqo. “Pengaruh Islam Dan Kebudayaan.” Al-Banjari 17 No. 1 J, no. 1 (2018): 137–152.

Eriswan. “Islam Dan Budaya Melayu: Dalam Mewujudkan Visi Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang.” Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni 14 No. 1 J (2012).

Hasbullah. “Dialek Etika Islam Dalam Budaya Lokal: Potret Budaya Melayu Riau.” Sosial Budaya: Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial dan Budaya 11 No. 2 J (2024): 166–189.

———. “Islam Dalam Bingkai Budaya Lokal.” TOLERANSI: Media Komunikasi Umat Bangsa 6 No. 1 Ja, no. 1 (2014): 1–15.

Junaidi. “Islam Dalam Jagad Pikir Melayu.” Al-Turas XX No. 1 J (2014).

Maryani, Eni, and Detta Rahmawan. “Nilai-Nilai Islam Dan Keragaman Budaya Melayu Dalam Situs Www.Melayuonline.Com.” Kebudayaan (2007): 106–122.

P, Haljuliza Fasari. “Akulturasi Islam Dan Budaya Melayu.” Budaya dan Sosial 3 No. 6 Ju (2018): 1–22.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-18

Cara Mengutip

Sumiyati, S., Laili, N., Fitri, A., Ramadhani, D. P., Salsabila, M., Alfattah, M. R., & Darwis, M. (2024). Islam dan Kebudayaan (Adat dan Kebudayaan Melayu Tidak Pernah Lepas Dari Agama Islam). Jurnal Multidisiplin West Science, 3(06), 688–695. https://doi.org/10.58812/jmws.v3i06.1220