Peran Pancasila Dalam Membentuk Kesadaran Masyarakat Terhadap Kesehatan

Penulis

  • Dian Septiana Politeknik Insan Husada Surakarta
  • Fitri Nastiti Rahayu Politeknik Insan Husada Surakarta
  • Iven Lutfiah Pra Azizi Politeknik Insan Husada Surakarta
  • Salsa Swastika Damayanti Politeknik Insan Husada Surakarta
  • Sherly Margaretha Putri Angelina Uko Politeknik Insan Husada Surakarta
  • Solideo Anggita Setyowati Politeknik Insan Husada Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.58812/jhhws.v3i01.966

Kata Kunci:

Pancasila, Kesadaran, Kesehatan

Abstrak

Kurangnya kesadaran akan nilai-nilai Pancasila masih sangatlah kurang dikarenakan masyarakat belum memahami dan mengerti tentang nilai-nilai Pancasila, implementasi nilai - nilai Pancasila kurang maksimal, kurangnya pendidikan dan pengajaran Pancasila, pola pikir yang tidak profesional yang seharusnya menjadi dasar negara dan ideologi. Pemerintah sebagai pemangku kekuasaan mungkin tidak memberikan pendidikan dan pengajaran yang cukup tentang Pancasila, sehingga masyarakat kurang memahami dan mengerti akan nilai- nilai Pancasila tersebut dan pemahaman tentang pengalaman Pancasila mengalami hambatan yang berat dan sulit diprediksi yang berujung mengancam penurunan kualitas hidup dan martabat. Bertujuan untuk menyampaikan pentingnya nilai - nilai Pancasila dalam membentuk pola pikir dan perilaku masyarakat, menggali bagaimana prinsip-prinsip Pancasila seperti gotong royong, keadilan sosial, dan persatuan dapat mempengaruhi sikap masyarakat terhadap kesehatan dan pelayanan kesehatan dan artikel ini dapat menjadi sarana untuk memotivasi dan menginspirasi masyarakat dalam meningkatkan kesadaran kesehatan mereka. Metode penelitian yang digunakan menggunakan kualitatif deskriptif. Pancasila memiliki peran penting dalam kesadaran masyarakat terhadap kesehatan. Melalui nilai - nilai seperti gotong - royong, keadilan dan persatuan diharapkan masyarakat lebih peduli dan aktif dalam menjaga kesehatan diri dan lingkungan sekitar.

Referensi

Habib Rahmad 2017, “Pancasila Berasal Dari Dua Suku Kata Yaitu Panca Dan Sila Yang Berarti 5 Dasar.”

Muhammad Luthfi Setyawan Anshory, Dinie Anggraeni Dewi 2022, “Peran Pancasila dalam Rangka Menumbuhkan Kesadaran Peran Pancasila dalam Rangka Menumbuhkan Kesadaran.”

Nurbani Yusuf, Tri Sakti Handayani, Arif Prasetyo Wibowo, Siti Aisyah Zharotul Aini, Universitas Muhammadiyah Malang 2022, “Peran Masyarakat dalam Menumbuhkan Kesadaran Pentingnya Penerapan Nilai-Nilai Pancasila di Kecamatan Blimbing Kota Malang.”

Nasution 1996, “Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif.”

Revi Amelia Putri Nur, Linashar Arum Truvadi, Rahma Trinita Agustina, dan Irfan Fauzi Badru Salam Prodi Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi 2023, “Peran Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia: Tinjauan dan Implikasi.”

Sekretariat Aptfi 2021, “Hari Pancasila: Implikasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Dunia Kesehatan.”

Universitas Pattimura 2012, “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menumbuh -kembangkan Kesadaran Masyarakat Dapat Meningkatkan Ketahanan Pangan Nasional.”

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29

Cara Mengutip

Septiana, D., Rahayu, F. N., Pra Azizi, I. L., Damayanti, S. S., Angelina Uko, S. M. P., & Setyowati, S. A. (2024). Peran Pancasila Dalam Membentuk Kesadaran Masyarakat Terhadap Kesehatan. Jurnal Hukum Dan HAM Wara Sains, 3(01), 27–31. https://doi.org/10.58812/jhhws.v3i01.966