Pengelolaan Dana Tabarru’ Dalam Asuransi Syariah: Kajian Pendirian PT Prudential Syariah (Spin Off), Kepemilikan Dana Tabarru’ dan Pertanggungjawabannya

Penulis

  • Arif Rahman Hakim Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58812/jhhws.v2i12.843

Kata Kunci:

Asuransi Syariah, Dana Tabarru’, Akad, Pemisahan Tidak Murni

Abstrak

Konsep asuransi syariah adalah berusaha menghimpun dan mengelola dana tabarru’ berdasarkan suatu akad atau perjanjian yang menganut prinsip syariah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian berbasis yuridis normatif. Peneliti ingin mengkaji mekanisme yang harus ditempuh Prudential Indonesia dalam mengadakan Spin Off, landasan hukum, peranan Peraturan Perundang-undangan yang menjadi dasar pengesahan PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah), pengelolaan Prudential Syariah menjadi Badan Hukum, dana tabarru', dan pelanggaran praktiknya. Hasil yang diperoleh adalah 1) Mekanisme pendirian Prudential Syariah berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 dan POJK Nomor 67/POJK.05/2016, dalam hal ini pemerintah memerintahkan untuk segera memisahkan unit usaha yang sebelumnya syariah menjadi unit usaha mandiri. 2) Prudential Syariah didasarkan pada hukum Syariah. Landasan hukum ini tentunya berpedoman pada Al-Qur'an, Hadits, Qiyas dan Fatwa yang dikemukakan oleh para ulama di Indonesia. 3) Penerapan akad tabarru’ pada Prudential Syariah yang bertujuan untuk saling tolong menolong. 4) Tinjauan terhadap praktik akad tabarru’ di Prudential Syariah tidak memuat tiga unsur yang dilarang dalam praktik asuransi syariah, yaitu gharar, maysir, dan riba. Karena praktek akad tabarru’ di Prudential Syariah telah memenuhi syarat-syarat antara lain akad, besaran iuran, sumber dana, jangka waktu (masa akad), dan sumber tuntutan semuanya jelas atas kesepakatan kedua belah pihak.

Referensi

Fariz Zakaria, Pengelolaan Dana Tabarru’ Asuransi Syariah Pada PT Prudential Life Assurance Victory Agency Cabang Jakarta (Studi Kasus: Prudential Victory Agency), In Skripsi: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2017.

Fauzan & Arif, “Prinsip Tabarru’ Teori Dan Implementasi di Perbankan Syariah”, Al-Amwal, 2016.

Fauziah, Analisis Kesesuaian Syariah Terhadap Polis Asuransi Jiwa Unit Link Syariah Pada PT Prudential Life Assurance Jakarta, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2018.

Hariyadi & Triyanto, “Peran Agen Asuransi Syariah Dalam Meningkatkan Pemahaman Masyarakat Tentang Asuransi Syariah”, Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2017.

Kabar Finansial Asuransi, “Available online: https://www.wartaekonomi.co.id/read322386/asuransi-syariah-harus-bersiap-maksimal-hadapi-spin-off”, 2023.

Lubis & Tanjung, “Analisis Peran Dasar Syariah Pada Produk Asuransi Jiwa Syariah Di PT Prudential Life Assurance Syariah Cabang Stabat”, Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 2023.

Muhammad, Sholahuddin, & Lukman Hakim, Lembaga Ekonomi dan Keuangan Syariah, Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2018.

Nasution, “Strategi Spin-Off Bagi Pengembangan Keuangan Syariah: Tinjauan Pada Kasus Asuransi Syariah”, Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 2019.

Parsaulian & Baginda, “Prinsip dan Sistem Operasional Asuransi Syariah (Ta'min, Takaful atau Tadhamun) di Indonesia”, Jurnal Ekonomika Islam, 2018.

Pratama Finansial, “Available online: https://finansial.bisnis.com/read/20210730/215/1423513/spin-off-asuransi-syariah-dinilai-bepotensi-tingkatkan-literasi-masyarakat”, 2023.

Prayogi & Aslami, “Fungsi Seorang Agen Asuransi Syariah untuk Menumbuhkan Pengetahuan Masyarakat tentang Asuransi Syariah”, Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 2022.

Romadhan & Faizal, “Analisis Penerapan Akad Mudharabah Dalam Produk Dana Pendidikan (Fulnadi) Pada PT Asuransi Takaful Keluarga Cabang Sako Palembang”, Jurnal Sharia, 2021.

Safitri, Abung & Harsongko, “Readiness of the Sharia Life Insurance Industry and the Role of Indonesian Sharia Insurance Associations in Facing the Sharia Insurance Spin-Off in 2024”, ICVEAST, MDPI, Retrieved from http://dx.doi.org/10.3390/proceedings2022083037, 2022.

Subakti & Tri, Akad Pembiayaan Mudharabah Perspektif Hukum Islam, Malang: Literasi Nusantara, 2019.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D (Alfabeta), 2019.

Suparmin & Asy'ari, Asuransi Syariah Konsep Hukum dan Operasionalnya, Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.

Suryawadi, “Analisa Kinerja Perusahaan Dalam Rangka Persiapan Spin-Off Unit Usaha Syariah PT Asuransi Adira Dinamika”. Jurnal Tabarru’ Islam, Bank, Finance, 2021.

Triyuwono, “Analisis Sharia Compliance Pada Asuransi Syariah (Studi Kasus Di PT Prudential Life Assurance)”, Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Cara Mengutip

Hakim, A. R. (2023). Pengelolaan Dana Tabarru’ Dalam Asuransi Syariah: Kajian Pendirian PT Prudential Syariah (Spin Off), Kepemilikan Dana Tabarru’ dan Pertanggungjawabannya. Jurnal Hukum Dan HAM Wara Sains, 2(12), 1126–1138. https://doi.org/10.58812/jhhws.v2i12.843