Reconstruction of Financial Statements Based on SAK EMKM at UD. Langkap Jaya Situbondo

Penulis

  • Yusuf Permadi Universitas Muhammadiyah Jember
  • Yulinartati Yulinartati Universitas Muhammadiyah Jember
  • Gardina Aulin Nuha Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.58812/jekws.v2i03.1481

Kata Kunci:

Observasi, SAK EMKM, Usaha Mikro

Abstrak

Komponen penting dalam kemajuan bisnis adalah pengelolaan keuangan. Penelitian ini bertujuan penelitian ini adalah untuk merekonstruksi pelaporan keuangan”. UMKM UD Langkap Jaya menggunakan Standar Akuntansi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (SAK EMKM). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dari hasil observasi lapangan serta wawancara. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pencatatan keuangan perusahaan masih sangat sederhana dan manual, menggunakan nota yang dibukukan untuk mencatat penerimaan kas dari penjualan tahu dan pengeluaran kas seperti pembelian bahan baku dan beban operasional. Kendala utama adalah sumber daya manusia yang tidak memadai karena kurangnya pengetahuan mengenai penyusunan laporan keuangan sesuai standar, serta kurangnya sosialisasi dari dinas terkait bentuk laporan yang benar.

Referensi

Armakqit, Yafits. “Kendala UMKM Dalam Menerpkan Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK EMKM Di Desa Gintangan Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi.” Skripsi, IAIN Jember, 2021.

Aulia, Maya. Penerapan Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Sarjana Thesis, Universitas Brawijaya, (2018).

Ikatan Akuntansi Indonesia. (2009). SAK ETAP (Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik).

Ikatan Akuntansi Indonesia. (2018). SAK EMKM (Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah).

Ningtyas, Jilma Dewi Ayu. “Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM) (Studi Kasus Di UMKM Bintang Malam Pekalongan,” Jurnal Riset dan Akuntansi, Vol.2 No.1, 2017.

Purba, Mortigor Afrizal. “Analisis Penerapan SAK EMKM Pada Penyusunan Lpaoran Keuangan UMKM Di Kota Batam,” Jurnal Akuntansi Balerang, Vol.3 No.2 (2019).

Purba, Mortigor Afrizal. “Analisis Penerapan SAK EMKM Pada Penyusunan Lpaoran Keuangan UMKM Di Kota Batam,” Jurnal Akuntansi Balerang, Vol.3 No.2 (2019).

Rafiqa, Falah. “Analisis Tingkat Pemahaman dan Tingkat Kesiapan UMKM Dalam Implementasi SAK EMKM Dalam Pelap oran Keuangan Di Kota Padang”, (Skripsi, Universitas Andalas, 2018).

Rahadiansyah, Rifky. “Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Keci, dan Menengah (SAK EMKM) Pada UMKM Keripik Tempe Rohani Sanan Kota Malang”, (Skripsi, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2018).

Tambunan, T. T. H. (2019). "The impact of the economic crisis on micro, small, and medium enterprises and their crisis mitigation measures in Southeast Asia with reference to Indonesia." Asia and the Pacific Policy Studies, 6(1), 19–39

Tatik. “Implementasi SAK EMKM Pada Laporan Keuangan UMKM (Study Kasus Pada UMKM XYZ Yogyakarta)” Jurnal Relasi, Vol. XIV, No. 02, Juli 2018.

Yuliarni, Putu Rika dkk. “Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Sak Emkm Dan Dampaknya Pada UD. Pak Gex Aluminium Di Desa Menyali, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi (Universitas Pendidikan Ganesha, Vol: 9 No: 2 Tahun 2018).

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Permadi, Y., Yulinartati, Y., & Nuha , G. A. (2024). Reconstruction of Financial Statements Based on SAK EMKM at UD. Langkap Jaya Situbondo. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan West Science, 2(03), 405–418. https://doi.org/10.58812/jekws.v2i03.1481