Mapping Kontribusi Riset dalam Penggunaan Teknologi untuk Peningkatan Kinerja Bisnis: Pendekatan Bibliometrik

Penulis

  • Loso Judijanto IPOSS Jakarta, Indonesia
  • Syamsulbahri Syamsulbahri Philippine Women's University (PWU), Manila, Philippine/Al Madinah International University (MEDIU), Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.58812/jbmws.v3i01.980

Kata Kunci:

Bibliometrik, Teknologi, kinerja Bisnis

Abstrak

Penelitian ini menyelidiki pengaruh teknologi terhadap kinerja bisnis melalui pendekatan bibliometrik untuk memetakan kontribusi literatur ilmiah sejak tahun 1965 hingga 2024. Analisis bibliometrik dari 980 publikasi yang dikutip sebanyak 224,829 kali mengungkapkan bahwa penggunaan teknologi secara strategis telah menjadi faktor penting dalam meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas karyawan. Terobosan dalam sistem informasi manajemen, big data, kecerdasan buatan, komputasi awan, dan Internet of Things (IoT) telah diidentifikasi sebagai katalis utama dalam transformasi bisnis. Meskipun teknologi menyajikan beberapa tantangan, seperti stres kerja dan isu adaptasi, manfaatnya dalam memberikan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan jelas terlihat. Riset ini juga menyoroti area potensial untuk penelitian masa depan, termasuk penggunaan teknologi dalam pendekatan interdisipliner dan hubungannya dengan kinerja organisasi. Temuan ini tidak hanya relevan untuk akademisi yang mencari untuk memperdalam pengetahuan dalam bidang ini, tetapi juga bagi praktisi bisnis yang berusaha untuk memaksimalkan nilai dari investasi teknologi mereka.

Referensi

Amin, M. (2023). Pengaruh Disrupsi Teknologi dan Transformasi Terhadap Kinerja Bisnis Perusahaan: Kasus PT. Pos Indonesia (Persero). Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 12(04), 472–479.

Fortuna, C. D., Deby, M. S., Mulyana, R., & Ramadani, L. (2023). ANALISIS PENGARUH TATA KELOLA TI TERHADAP TRANSFORMASI DIGITAL DAN KINERJA ASURANSI B. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 10(1).

Helmina, M. R. A., Yuliastina, M., Yasin, M., Ramadhanti, S., & Hapijah, S. (2023). PEMANFAATAN APLIKASI DIGITAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KINERJA KEUANGAN DAN KEBERLANJUTAN BISNIS UMKM DI BANJARMASIN. EJOIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(12), 1491–1497.

Hoki, S., & Efriadi, A. R. (2022). Pengaruh Efektivitas Penggunaan dan Kepercayaan atas Teknologi Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kinerja Karyawan di Perusahaan Besi Beton di Jakarta. International Journal of Digital Entrepreneurship and Business, 3(1), 39–48.

Idrus, S., Ruhana, F., Amalia, M. R., Rosyid, A. F., & Kuswandi, D. (2023). Implementasi kebijakan Manajemen Sumber Daya Manusia Yang Efektif Dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi Di Era Bisnis Global. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 72–89.

Opti, S. (2023). PENGARUH PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA UMKM. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 6(1), 704–713.

Setiawan, Z. A., & Mahfudz, M. (2019). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM), Inovasi dan Penggunaan Teknologi Sebagai Strategi Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis (Studi pada Toko Grosir Makanan dan Minuman di Provinsi Jawa Tengah dan di Yogyakarta). Fakultas Ekonomika & Bisnis.

Silitonga, L. K., & Wijayati, N. (2023). Analisis Efisiensi Proses Bisnis Pada Transformasi Digital Perbankan. Jurnal Akuntansi Manado (JAIM), 389–402.

Wara, F. A., Suban, A. L., Hadi, N., Chandra, C. J., & Ermilinda, L. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Guru Pada SDI Kota Uneng Maumere. Media Abdimas, 2(3), 80–84.

Winasis, S., & Riyanto, S. (2020). Transformasi digital di industri perbankan indonesia: impak pada stress kerja karyawan. IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 7(1), 55–64.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29

Cara Mengutip

Judijanto, L., & Syamsulbahri, S. (2024). Mapping Kontribusi Riset dalam Penggunaan Teknologi untuk Peningkatan Kinerja Bisnis: Pendekatan Bibliometrik. Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 3(01), 57–65. https://doi.org/10.58812/jbmws.v3i01.980