Pengaruh Eksterior (Luar Toko), Interior (Internal Store), Layout Toko (Store Layout) Dan Interior Display (Storage Arrangements) Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Eceran Modern (Survei Konsumen Ritel Modern di Kabupaten Sukabumi)

Penulis

  • Aris Riswanto Universitas Nusa Putra
  • Abu Bakar, MM Universitas Nusa Putra

DOI:

https://doi.org/10.58812/jbmws.v2i1.177

Kata Kunci:

Eksterior, Interior, Tata Letak Toko, Tampilan Interior, Keputusan Pembelian Pada Toko Ritel Modern

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian konsumen ritel modern yang mengalami perubahan perilaku sehingga pengecer mengalami penurunan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu bukti atau fakta empiris tentang pengaruh eksterior, interior, tata letak toko dan tampilan interior terhadap keputusan pembelian pada toko ritel modern. Populasi dalam penelitian ini menggunakan teknik judgement sampling yang menggunakan 100 responden untuk dijadikan sampel dengan kriteria yang dipilih oleh peneliti. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau angket. Metode statistik yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan koefisien determinasi. Pengujian statistik menggunakan aplikasi SPSS versi 21. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil koefisien determinasi menunjukkan eksterior, interior, tata letak toko dan tampilan interior secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen ritel modern sebesar 5 2,8 % dan sisanya 47,2 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini . Sedangkan berdasarkan hasil pengujian regresi berganda menurut sebagian eksterior (luar toko), interior (dalam toko), tata letak toko (store layout) dan tampilan interior (in-store arrangement) terhadap keputusan pembelian di toko modern toko ritel.

 

Biografi Penulis

Abu Bakar, MM , Universitas Nusa Putra

 

 

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-31

Cara Mengutip

Riswanto, A., & Bakar, MM , A. (2023). Pengaruh Eksterior (Luar Toko), Interior (Internal Store), Layout Toko (Store Layout) Dan Interior Display (Storage Arrangements) Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Eceran Modern (Survei Konsumen Ritel Modern di Kabupaten Sukabumi). Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 2(1), 18–27. https://doi.org/10.58812/jbmws.v2i1.177