Pengaruh Personal Selling Pada Keputusan Pembelian Oleh Karyawan Massimo Gelato Unesa, Surabaya

Penulis

  • Claudius Bona Politeknik Ubaya

DOI:

https://doi.org/10.58812/jbmws.v3i02.1526

Kata Kunci:

Personal Selling, Keputusan Pembelian, Massimo Gelato Unesa, Surabaya

Abstrak

Dengan semakin meningkatnya industri makanan dan minuman di Indonesia saat ini (Sari & Dewi, 2022), maka semakin meningkat pulalah persaingan antar pebisnis di industri ini, khususnya di industri minuman (Putri, 2023). Banyak cara diupayakan untuk memenangkan pasar salah satunya adalah dengan cara promosi secara gencar melalui berbagai media, baik media cetak maupun media sosial, (Gautama So et al., 2008). Selain faktor promosi, salah satu faktor yang mempengaruhi penjualan adalah dengan cara personal selling. Personal selling yang baik menjadi penentu untuk peningkatkan penjualan, khususnya di produk makanan serta minuman (Zulfikar Ervandi & Nainggolan, 2021). Restoran Gelato khususnya Massimo Gelato Unesa Surabaya menjadi salah satu industri makanan penutup sudah seharusnya mengimplementasikan personal selling untuk mendapatkan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah para karyawan Massimo Gelato, Unesa ini sudah menerapkan personal  selling yang baik atau belum serta apakah berpengaruh pada keputusan pembelian para pelanggan.. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner tertutup dan terbuka sebagai alat bantunya. Target responden adalah staf Massimo Gelato, Unesa Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para karyawan Massimo Gelato Unesa berhasil mengimplementasikan personal selling yang baik untuk mendapatkan keputusan pembelian. Keterbatasan penelitian ini hanya terfokus pada gerai Massimo Gelato cabang Unesa saja. Melalui penelitian ini diharapkan dapat mempertimbangkan potensi pengaruh personal selling pada keputusan pembelian, khususnya di bidang dessert seperti Gelato.

Referensi

Anjani, A. S., & Hartono, B. (2022). Strategi Personal Selling dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Marketing. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 1–8. http://journal.stekom.ac.id/index.php/E-Bisnis■page1

Bogaards, M., Boshoff, S., Dlodlo, N., Noel, D., & Wait, M. (2020). Personal selling (1st ed.). Pearson South Africa.

Ernawan, Y., Sudono, A., & Sukirman, O. (2018). Evaluasi Penerapan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Menu Unpopular dan Profitable di Restoran Kampung Daun. The Journal Gastronomy Tourism, 5(2), 104–122.

Gautama So, I., Fransiska, H., Fie Tjoe, T., Manajemen, J., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2008). Implementasi Strategi e-Marketing pada Pietro’S Gelato. The Winners, 9(2), 135–147.

Hazisma, H. S., & Firdaus, Y. (2014). Peranan Personal Selling Dalam Usaha Meningkatkan Volume Penjualan Jasa Periklanan. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 11(3), 1–11.

Kotler, Philip., & Keller, K. Lane. (2012). Marketing Management (14th ed.). Prentice Hall.

Kurniawan, A. A. (2023). Pengaruh Personal Selling dan Promosi pada Dealer Yadi Motor Mraggen. Universitas Semarang.

Kurniawan, N. F., Henry, D., & Pranoto, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Penjualan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Chatime di Pakuwon Mall Surabaya. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 7(5), 564–574.

Permatasari, D. (2022, May 1). Apa itu Pelayanan Prima? Djkn.Kemenkeu.Go.Id.

Putri, A. (2023, July 26). Peluang dan Tantangan Usaha Minuman Kekinian di Era Modern. https://www.putrafarmayogyakarta.co.id/blog/peluang-dan-tantangan-usaha-minuman-kekinian-di-era-modern/2/.

Rahman, N. C. (2010). Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tianshi Group. Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Sari, A. N., & Dewi, A. M. (2022, October 31). Kondisi Industri Pengolahan Makanan dan Minuman di Indonesia. Www.Djkn.Kemenkeu.Go.Id.

Sorongan, J., & Pandowo, M. H. C. (2020). Personal Selling Analysis in PT Honda Kumala Group Analisa Data Penjualan di PT Honda Kumala Grup. Jurnal EMBA, 8(4), 798–804.

Tri, R., Yanto, Y., Lintang, A., & Prabowo, P. (2020). Pengaruh Personal Selling Terhadap Pencapaian Penjualan pada Produk Pembiayaan KPR Bersubsidi di Bank BTN Syariah Bandung. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 10(1).

Zulfikar Ervandi, M., & Nainggolan, D. R. (2021). Pengaruh Personal Selling dan Direct Marketing Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Thai Tea di Surabaya. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 6(2).

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Bona, C. (2024). Pengaruh Personal Selling Pada Keputusan Pembelian Oleh Karyawan Massimo Gelato Unesa, Surabaya. Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 3(02), 241–248. https://doi.org/10.58812/jbmws.v3i02.1526