Pengaruh Standar Operasional Prosedur (SOP) terhadap Kualitas Pelayanan Kafe Fifty Fifty Jember

Penulis

  • Gaza Gabriella Chapitoline Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.58812/jbmws.v3i03.1472

Kata Kunci:

Standar Operasional Prosedur, Kualitas Pelayanan

Abstrak

Standar operasional prosedur diperlukan untuk menjaga sebuah produk dan layanan tetap sesuai prosedur yang telah ditetapkan, berupa dokumen atau pedoman prosedur yang harus dilalui oleh individu atau team dalam menjalankan suatu tanggung jawab dalam aktivitas bisnis. Standar operasional prosedur dirancang untuk memastikan konsistensi, efisiensi, kualitas, dan kepatuhan dalam menjalankan aktivitas operasional. Aktivitas bisnis yang proposional pastinya memiliki standar operasional prosedur yang rijit dalam produk dan layanan yang ditawarkan sebagai alat untuk menjaga konsistensi, keamanan, dan efisiensi serta memastikan bahwa produk atau layanan yang diberikan memiliki kualitas terbaik untuk para konsumennya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari unsur-unsur standar operasional prosedur seperti efesien, efektif dan konsisten terhadap kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan pengujian regresi linier berganda. Populasi yang digunakan adalah para pelanggan Kafe Fifty Fifty Jember. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan kriteria pelanggan sebagai pengikut sosial media Kafe Fifty Fifty Jember dan pernah membeli produk Kafe Fifty Fifty Jember minimal 2 kali. Hasil uji parsial (uji t) menunjukkan efesien, efektif dan konsisten berpengaruh signigikan terhadap kualitas pelayanan

Referensi

Assauri, S. (2019). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. PT. RajaGrafindo Persada.

Dewangkara, P., & Hasin, A. (2023). Pengaruh Standar Operasional Prosedur (SOP) Terhadap Kualitas Layanan (Studi Pada Balakosa.Co). Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(2), 8–19.

Fadhil, M. (2021). Membangun Konsistensi Belajar Melalui Self Control dan Self Consciousness. Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 1–13.

Fatimah, E. N. (2015). Strategi Pintar Menyusun SOP (Standard Operating Procedure). Pustaka Baru Press.

Hartatik, I. P. (2014). Buku pintar membuat S.O.P (Standard Operating Procedure). Buku Kita.

Musika, Y. A. (2023). DATA KONSUMSI KOPI DI INDONESIA TAHUN 2023. Ottencoffee.Co.Id.

Prami, A. A. I. N. D., Widiasturi, N. P., & Zulkifli, A. (2021). Pengaruh Standar Operasional Prosedur Terhadap Kualitas Pelayanan Room Attendant Pada Alam Boutique Resort Umalas Seminyak. Journal of Applied Management Studies (JAMMS), 2(2), 107–120.

Refaldi, R. M., & Purnama, N. (2022). Pengaruh Standar Operasional Prosedur (SOP) Terhadap Kualitas Pengiriman di J&T Express Kota Yogyakarta. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(6), 101–111.

Santoso, J. D. (2014). Lebih Memahami SOP (Standard Operating Procedure). Kata Pena.

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. CV Alfabeta.

Supranto, J. (2016). Statistik Teori dan Aplikasi (Ed. 8). Erlangga.

Syam, S. (2020). Pengaruh Efektifitas dan Efisiensi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Banggae Timur. Profitability: Jurnal Ilmu Manajemen, 4(2), 128–152.

Tathagati, A. (2014). Step by step Membuat SOP (Standar Operating Procedure). Efata Publishing.

Tjiptono, F. dan Chandra, G. (2016). Service, Quality dan Satisfaction. ANDI.

Tjiptono, F. (2017). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. CV.Andi Offset.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-30

Cara Mengutip

Chapitoline, G. G. (2024). Pengaruh Standar Operasional Prosedur (SOP) terhadap Kualitas Pelayanan Kafe Fifty Fifty Jember. Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 3(03), 291–304. https://doi.org/10.58812/jbmws.v3i03.1472