Manajemen Strategik dalam Meningkatkan Minat Calon Jemaah Haji dan Umroh PT. Krisma Tour Kabupaten Cianjur

Penulis

  • Ade Ruslan Hidayat Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sukabumi
  • Dadang Sahroni Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sukabumi
  • Eki Agustin Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sukabumi
  • Deny Muhamad Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sukabumi
  • Sinta Nuriyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.58812/jbmws.v2i04.1064

Kata Kunci:

Evaluasi, Implementasi, Manajemen, Perumusan, Staretgik

Abstrak

Manajemen strategik merupakan sains dan seni terkait dalam memformulasikan, mengimplementasikan dan mengevaluasi keputusan lintas fungsional yang memampukan organisasi untuk mencapai tujuan. manajemen strategik dapat membantu perusahaan travel untuk menciptakan nilai tambahan dan pembeda dari para pesaing. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk menarik minat calon jama’ah dan juga meningkatkan keuntungan untuk perusahaan. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi dalam meningkatkan minat calon jama’ah haji dan umroh di PT. Krisma Tour. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi dalam meningkatkan minat calon jama’ah haji dan umroh di PT. Krisma Tour. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dengan dua narasumber, observasi, dan studi dokumentasi terkait manajemen strategik yang telah diterapkan oleh PT Krisma Tour. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa perumusan strategi di perusahaan PT. Krisma Tour telah dilakukan baik startegi alternatif atau strategi khusus. Adapun strategi khusus yang dilakukan yaitu dengan melakukan door to door atau mulut ke mulut dan memaksimalkan media sosial sebagai digital marketing. Implementasi strategi di PT. Krisma Tour masih hanya sekitar 95% meliputi, implementasi visi misi, implementasi tujuan, struktur organisasi dan implementasi startegi pemasaran. Kekurangan dari implementasi startegi di PT Krisma Tour masih dalam proses pengembangan seperti pengembangan mutu karyawan melalui berbagai macam pelatihan. Evaluasi startegi di perusahaan PT Krisma Tour dilakukan secara berkala setiap 3 bulan sekali, adapun bagian atau segmen yang dievaluasi meliputi kinerja karyawan dan capaian target karyawan.

Referensi

Ahadiat, A. (2010). “Manajemen Strategik: Tinjauan Teoritikal Multiperspektif.”. Lampung: Repository.Lppm.Unila.Ac.Id, no. Strategic Management, Business Policy": 1–158. http://repository.lppm.unila.ac.id/22814/1/sertifikat_EC00202012198.pdf.

Departemen Agama, R. (2015). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta.

Nasrudin, E. (2010). PSIKOLOGI MANAJEMEN. Bandung: CV. PUSTAKA SETIA.

Sukayat, T. (2016). MANAJEMEN HAJI, UMROH. DAN WISATA AGAMA. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Taufiqurokman. (2016). Manajemen Strategik. Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama. Jakarta Pusat.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Hidayat, A. R., Sahroni, D., Agustin, E., Muhamad, D., & Nuriyah, S. (2023). Manajemen Strategik dalam Meningkatkan Minat Calon Jemaah Haji dan Umroh PT. Krisma Tour Kabupaten Cianjur. Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 2(04), 374–380. https://doi.org/10.58812/jbmws.v2i04.1064